JALIL, JALIL (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL SISWA MTS AL IHSAN SUNGAI RUMBAI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400264_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400264_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Pendidikan akidah akhlak memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Ihsan Sungai Rumbai. Pembelajaran akidah akhlak di madrasah ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual yang mendalam kepada siswa, khususnya di kelas VII. Dengan perkembangan zaman, tantangan dalam mendidik generasi muda semakin kompleks, terutama dalam menginternalisasi akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pembelajaran akidah akhlak perlu diterapkan dengan pendekatan yang lebih aplikatif, yang tidak hanya mengandalkan teori tetapi juga melibatkan partisipasi aktif siswa dalam praktik kehidupan sosial yang sejalan dengan ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk pemahaman dan pengamalan nilai-nilai akhlak di kalangan siswa di MTs Al Ihsan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam. Wawancara dilakukan dengan tiga kelompok informan, yaitu pengasuh siswa, guru akidah akhlak, dan siswa kelas VII. Data yang diperoleh melalui wawancara dianalisis untuk mengidentifikasi bagaimana pembelajaran akidah akhlak diterapkan, apa dampaknya terhadap perilaku sosial siswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan pembelajaran tersebut. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji fasilitas yang ada, pembinaan yang dilakukan, serta dukungan dari orang tua dan masyarakat dalam penerapan pembelajaran akidah akhlak di pesantren.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran akidah akhlak di MTs Al Ihsan Sungai Rumbai dilaksanakan dengan menggunakan Kurikulum Merdeka (Kurmer), yang memberi fleksibilitas bagi guru dalam menyesuaikan materi dengan kebutuhan siswa. Pembelajaran tidak hanya berbasis teori tetapi juga melalui diskusi interaktif dan kegiatan sosial yang mendorong siswa untuk menerapkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan mereka. Hasil wawancara mengungkapkan bahwa siswa menunjukkan peningkatan dalam sikap kejujuran, empati, dan penerapan sikap ihsan, seperti membantu teman dan terlibat dalam kegiatan sosial tanpa mengharapkan imbalan. Siswa juga melaporkan bahwa pembelajaran ini mengubah cara mereka berinteraksi dengan sesama, menjadi lebih baik dalam memperlakukan orang lain dengan hormat dan menjaga tutur kata.
Pembelajaran akidah akhlak di MTs Al Ihsan Sungai Rumbai terbukti efektif dalam membentuk dan meningkatkan pemahaman serta pengamalan nilai-nilai akhlak di kalangan siswa. Metode yang digunakan, seperti diskusi dan praktik sosial, memungkinkan siswa untuk tidak hanya memahami teori tentang akhlak, tetapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran ini juga berdampak positif terhadap perubahan perilaku sosial siswa, terutama dalam hal sikap kejujuran, empati, dan penerapan sikap ihsan. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan pembelajaran ini mencakup kualitas guru, fasilitas yang memadai, serta dukungan dari orang tua dan masyarakat. Meskipun terdapat tantangan, seperti kebiasaan buruk yang sulit diubah, pembelajaran ini memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan ajaran Islam.
Dosen Pembimbing: | Manaf, Sofwan and Warsiyah, Warsiyah | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 06:40 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |