MUCHARROMAH, HIDAYATUL (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA: STUDI DI MTS DARUT TAQWA PURWODADI KAB. GROBOGAN JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400221_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400221_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400221_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400221_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (627kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Kurikulum Pesantren dalam membentuk karakter siswa di MTs Darut Taqwa Purwodadi. Pentingnya pendidikan karakter di era globalisasi serta peran kurikulum pesantren untuk mencapai tujuan pendidikan sekaligus sebagai acuan dalam pembentukan karakter siswa yang mandiri, terampil dan Islami.

Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala madrasah, guru dan siswa serta dokumentasi terkait kurikulum dan kegiatan di MTs Darut Taqwa Purwodadi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum pesantren dilakukan secara kolaboratif oleh madrasah dengan tujuan membentuk karakter mandiri, terampil dan Islami. Implementasi kurikulum pesantren berhasil diterapkan di MTs Darut Taqwa Purwodadi dengan mengintegrasikan materi keagamaan pada mata pelajaran kitab kuning (Alala, Ta’lim Muta’alim, Arbain Nawawi dan Fawaidus Tsaminah) dan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) melalui metode pembelajaran sorogan, hafalan, halaqoh atau diskusi, dan murodi, pembiasaan ibadah, keteladaanan guru, dan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pembentukan karakter. Evaluasi dilakukan secara holistik melalui observasi sikap, dan penilaian secara kognitif. kurikulum pesantren terbukti efektif dalam membantuk karakter siswa yang mandiri,terampil dan Islami.

Kata kunci: Kurikulum Pesantren, Pendidikan Karakter, Perencanaan, Implementasi, Evaluasi

Dosen Pembimbing: Madrah, Muna Yastuti and Sudarto, Sudarto | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 02 Dec 2025 03:07
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42564

Actions (login required)

View Item View Item