Mahfuzhi, Hasbi Nashir (2025) PENGARUH ADAB GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SMP AL-QUR’AN MA’RIFATUSSALAAM. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400215_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400215_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penerapan adab guru menurut perspektif Imam Al-Mawardi terhadap pembentukan karakter dan kualitas pembelajaran siswa di SMP Al-Qur’an Ma’rifatussalaam. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya kasus kekerasan, perundungan, dan penurunan moral di kalangan siswa SMP di Indonesia. Data Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) mencatat selama 2023 hingga Oktober 2024, kekerasan seksual mencapai 42%, perundungan 31%, dan kekerasan fisik 10%. Selain itu, 43,9% pelaku kekerasan adalah guru, sedangkan siswa 13,6%, yang menunjukkan penurunan etika guru sebagai agen pembentuk karakter siswa. Perspektif Imam Al-Mawardi menekankan nilai keikhlasan, kerendahan hati, kesabaran, keteladanan, dan kasih sayang sebagai dasar adab guru.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi sederhana. Sampel terdiri dari 25 guru dan 90 siswa SMP Al-Qur’an Ma’rifatussalaam. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur penerapan adab guru serta karakter dan kualitas pembelajaran siswa. Validitas, reliabilitas instrumen, serta uji asumsi klasik (normalitas dan heteroskedastisitas) dilakukan untuk menjamin keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan mayoritas guru telah menerapkan adab sesuai perspektif Imam Al-Mawardi dengan baik, terutama pada aspek keikhlasan, kedisiplinan, motivasi, dan keteladanan. Dari sisi siswa, 68% menunjukkan karakter disiplin dan 44% memiliki motivasi belajar baik, meskipun hanya 8% guru melaporkan peningkatan hasil belajar signifikan. Persepsi siswa terhadap adab guru umumnya positif, khususnya terkait kedisiplinan dan kejelasan penyampaian materi, namun kreativitas dan variasi metode pembelajaran masih perlu ditingkatkan. Analisis regresi menghasilkan koefisien determinasi \( R^2 = 0,474 \) dengan signifikansi \( p < 0,05 \), yang berarti 47,4% variasi karakter dan kualitas pembelajaran siswa dapat dijelaskan oleh penerapan adab guru secara signifikan.
Penelitian merekomendasikan pembinaan berkelanjutan dan peningkatan inovasi metode pembelajaran untuk memperkuat dampak positif penerapan adab guru dalam pembentukan karakter dan kualitas pembelajaran siswa.
Kata kunci: adab guru, Imam Al-Mawardi, pendidikan karakter, SMP Al-Qur’an Ma’rifatussalaam, kualitas pembelajaran.
| Dosen Pembimbing: | Madrah, Muna Yastuti and Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 03:04 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
