HALIMI, HALIMI (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIKIH BI’AH DALAM MENDUKUNG PROGRAM ADIWIYATA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400207_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400207_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400207_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400207_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (187kB)

Abstract

Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan Sekolah Adiwiyata di MIN 4 Demak sebagai bentuk dari realisasi perintah ajaran agama dalam pembelajaran fikih lingkungan sangat mendukung dalam kegiatan Adiwiyata, faktor-faktor penunjang peran guru PAI dalam Pelaksanaan Sekolah Adiwiyata di MIN 4 Demak selama ini sudah cukup baik akan tetapi masih belum maksimal selain itu juga adanya faktor-faktor yang menghambat dalam pelaksanaan Sekolah Adiwiyata di MIN 4 Demak perlu adanya penangan yang lebih baik lagi terutama dalam mengenalkan konsep pembelajaran Fikih Bi’ah atau fikih lingkungan kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Fikih Bi’ah terhadap karakter cinta lingkungan melalui program adiwiyata di MIN 4 Demak, 2) Mengetahui bagaimana implikasi pelaksanaan Sekolah Adiwiyata di MIN 4 Demak. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian (1) Implementasi pembelajaran Fikih Bi’ah terhadap karakter cinta lingkungan melalui program adiwiyata di MIN 4 Demak diantaranya adalah: a) Guru dan peserta didik sudah mulai sadar dalam dirinya untuk menjaga dan merawat kelestarian lingkungan sekitar, baik di sekolah maupun di rumah. b) Peserta didik dapat memahami bahwa menjaga lingkungan adalah perintah agama dan melaksanakannya adalah mendapatkan pahala. c) Peserta didik menyadari bahwa lingkungan adalah bagian dari diri sendiri dan keseimbangan hidup, apabila lingkungan rusak maka kehidupan manusia juga akan rusak. d) Peserta didik lebih aktif dalam melaksanakan aktifitas yang berbentuk kegiatan lingkungan. e) Warga Madrasah memahami dan melaksanakan program 5R (reduce, reuse, recycle, recover dan repair). f) menggunakan produk yang ramah lingkungan. g) terbiasa melakukan menanam pohon dan berkebun. (2) Implikasi Pelaksanaan Sekolah Adiwiyata di MIN 4 Demak diantaranya yaitu Kondisi lingkungan madrasah dan sekitarnya yang semakin bersih, sehat, indah, rindang dan asri. Kegiatan belajar dan mengajar menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Menjadikan lingkungan madrasah yang ramah anak, karena terdapat banyak ruang terbuka hijau dan taman-taman, mendapatkan juara dalam lomba sekolah sehat Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2018, meraih penghargaan bintang satu keamanan pangan untuk kantin sekolah dari Badan POM Jawa Tengah tahun 2018 dan menjadi rujukan sekolah-sekolah lain dalam penyelenggaraan Sekolah Adiwiyata dan Sekolah Sehat. Selain itu juga terdapat pembiasaan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) di madrasah dan adanya Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) yang dilakukan melalui kegiatan kampanye lingkungan yaitu dengan menempel stiker di setiap kran air dan sakelar listrik, maupun dengan spanduk, serta kegiatan-kegiatan sosial lingkungan di luar madrasah, dan juga terbentuknya kader-kader Adiwiyata.

Dosen Pembimbing: Madrah, Muna Yastuti and Sudarto, Sudarto | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 02 Dec 2025 03:02
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42558

Actions (login required)

View Item View Item