Setyowati, Dwi Retno (2025) IMPLEMENTASI INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI TARBIYATUL MU’ALLIMIN WAL MU’ALLIMAT AL ISLAMIYYAH PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400168_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400168_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi implementasi integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembelajaran Biologi di Tarbiyatul Mu’allimin wal Mu’allimat Al Islamiyyah Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya penyatuan antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keislaman dalam sistem pendidikan Islam modern guna mengatasi dikotomi ilmu agama dan umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran di TMI telah menerapkan model kurikulum integratif yang menggabungkan aspek kognitif, afektif, dan spiritual. Strategi integrasi dilakukan melalui: (1) penyusunan silabus tematik yang memasukkan nilai-nilai tauhid dan adab ke dalam topik-topik Biologi; (2) penggunaan ayat Al-Qur’an dan Hadis sebagai penguat konsep ilmiah; (3) penguatan refleksi spiritual (tafakur ilmiah) dalam pembelajaran; dan (4) penanaman nilai karakter Islami seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama dalam kegiatan praktikum. Evaluasi pembelajaran juga mencerminkan pendekatan autentik dan integral, melalui jurnal refleksi, observasi sikap, serta asesmen kognitif-konseptual yang dikaitkan dengan nilai keislaman. Temuan ini selaras dengan teori kurikulum integratif (Drake & Beane), pedagogi transformatif Islam (Al-Zarnuji), teori multiple intelligences (Gardner), dan pendidikan karakter berbasis nilai (Lickona). Dengan demikian, model pembelajaran di TMI Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta tidak hanya berorientasi pada penguasaan ilmu pengetahuan, tetapi juga pada pembentukan akhlak dan spiritualitas santri sebagai insan kamil.
Kata Kunci: Integrasi Nilai Islam, Pembelajaran Biologi, Kurikulum Integratif, Pesantren, Pendidikan Karakter
| Dosen Pembimbing: | Kurniawan, M Irfanudin and Irfan, Agus | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 01:49 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
