Suhadar, Cecep Udan (2025) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI TERHADAP MINAT BELAJAR PAI SISWA SD AN NAHL ISLAMIC SCHOOL DESA CIANGSANA KEC. GUNUNG PUTRI KAB. BOGOR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400147_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400147_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400147_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400147_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini meneliti dampak keterampilan sosial dan kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa. Peningkatan keterlibatan siswa masih menjadi perhatian dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), sehingga penelitian ini berfokus pada peran guru dalam memengaruhi karakter dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana kompetensi instruktur dan minat belajar siswa berkontribusi terhadap keberhasilan pembelajaran PAI dengan mengkaji interaksi keduanya.
Penelitian ini mengkaji hubungan antara karakter instruktur dan kompetensi sosial serta motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan kuantitatif berbasis metode analisis regresi. Partisipan dalam penelitian ini meliputi siswa dan dosen PAI di SD An Nahl Islamic School. Kuesioner, observasi langsung, dan catatan tertulis semuanya berkontribusi pada kumpulan data. Uji statistik digunakan sebagai pendekatan analisis data untuk menentukan secara objektif pengaruh faktor-faktor independen terhadap variabel dependen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dipengaruhi secara positif oleh kompetensi kepribadian guru, sebagaimana terlihat dari nilai-t sebesar 3,056, yang melampaui nilai t-tabel sebesar 1,985, dan tingkat signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Variabel biologis dan lingkungan menyumbang 74% varians dalam motivasi belajar siswa, sedangkan variabel ini menyumbang 26%. Selain itu, antusiasme anak-anak dalam belajar dipengaruhi secara signifikan oleh kompetensi sosial guru, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai-t sebesar 6,411, melampaui nilai t-tabel sebesar 1,985, dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Pada 51%, minat belajar siswa dipengaruhi oleh kompetensi sosial guru; pada 49%, variabel lain memainkan peran yang lebih besar. Dengan nilai F sebesar 32,025, yang lebih tinggi daripada nilai F-tabel sebesar 3,090, dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, baik kompetensi kepribadian maupun kompetensi sosial instruktur memiliki dampak yang substansial terhadap minat belajar siswa. Kedua variabel tersebut berperan dalam motivasi belajar siswa (koefisien determinasi: 39,8%), sementara faktor-faktor lain (misalnya, variabel biologis dan lingkungan) berkontribusi sebesar 60,2%.
Jadi, dapat dikatakan bahwa anak-anak lebih berkomitmen pada pendidikan mereka ketika guru mereka kompeten dalam kehidupan pribadi dan sosial mereka, dan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi siswa adalah dengan meningkatkan kompetensi pribadi dan sosial mereka sendiri.
Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Kompetensi Sosial Guru, Minat Belajar PAI Siswa, Pendidikan Agama Islam.

Dosen Pembimbing: Madrah, Muna Yastuti and Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 27 Nov 2025 06:37
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42534

Actions (login required)

View Item View Item