Mulyawan, Ayi Rachman (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 BANJARWANGI KABUPATEN GARUT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400130_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400130_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengeksplorasi implementasi model pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran PAI di SMPN 1 Banjarwangi
(2) Mengeksplorasi Pengalaman dan Persepsi siswa dan Guru terhadap minat belajar PAI sebelum dan setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMPN 1 Banjarwangi.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini ialah Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik. Adapun teknik penelitian ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi sumber, teknik dan waktu. Selain itu, keabsahan data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN
1 Banjarwangi telah menerapkan model pembelajaran berdiferensiasi dengan menyesuaikan konten, proses, dan produk pembelajaran berdasarkan kesiapan belajar, minat, serta profil belajar siswa. Strategi ini menciptakan suasana pembelajaran yang lebih inklusif, adaptif, dan responsif terhadap kebutuhan individual peserta didik. (2) Pengalaman dan persepsi siswa menunjukkan adanya perubahan positif yang signifikan setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan menunjukkan ketertarikan yang lebih besar dalam mengikuti pembelajaran PAI. Hal ini menegaskan bahwa pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa serta kualitas interaksi antara guru dan siswa di kelas.
Penelitian ini merekomendasikan peningkatan dukungan bagi guru dalam bentuk pelatihan dan penyediaan sumber daya yang memadai guna mengoptimalkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran PAI. Dengan demikian, diharapkan model ini dapat terus diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan minat belajar siswa di SMPN 1 Banjarwangi.
Kata kunci: Peran guru, pembelajaran berdiferensiasi, minat belajar, Pendidikan Agama Islam, SMPN 1 Banjarwangi.
| Dosen Pembimbing: | Madrah, Muna Yastuti and Tjahjono, Ali Bowo | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 01:47 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
