ARFAN, ARFAN (2025) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA SD NEGERI 4 MIMIKA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400108_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400108_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400108_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400108_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap sikap toleransi siswa di SD Negeri 4 Mimika. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 4 Mimika, dengan jumlah sampel sebanyak 55 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik regresi, meliputi uji t parsial dan uji F simultan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, serta nilai t hitung sebesar 3,456 lebih besar dari t tabel 1,673. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh parsial yang positif dan signifikan antara Pendidikan Agama Islam terhadap sikap toleransi siswa. Sementara itu, hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,001 yang juga lebih kecil dari 0,05, dan nilai F hitung 11,945 lebih besar dari F tabel 4,02, yang berarti bahwa Pendidikan Agama Islam secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap toleransi siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 4 Mimika berperan penting dalam membentuk dan meningkatkan sikap toleransi siswa. Pendidikan agama tidak hanya menjadi media penyampaian pengetahuan keagamaan, tetapi juga sarana pembentukan karakter yang menghargai keberagaman.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Sikap Toleransi, Siswa SD, Kuantitatif

Dosen Pembimbing: Choeroni, Choeroni and Muchtar, Asmaji | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:52
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42519

Actions (login required)

View Item View Item