PAMUJINARTO, AHMAD (2025) PENGARUH PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400056_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400056_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Wahdah Islamiyah Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri di pesantren tersebut, dengan sampel sebanyak 100 santri yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji t parsial menunjukkan bahwa variabel profesionalisme guru PAI berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, dan variabel motivasi belajar juga berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,001. Kedua nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen secara parsial. Selanjutnya, hasil uji F simultan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kedua variabel independen, yaitu profesionalisme guru PAI dan motivasi belajar, berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar santri. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas guru dan dorongan belajar dari dalam diri santri secara bersama-sama berkontribusi terhadap pencapaian akademik yang lebih baik. Oleh karena itu, penting bagi lembaga pendidikan untuk terus meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik serta menciptakan lingkungan yang mendukung motivasi belajar santri.
Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Pesantren, Kuantitatif.
Dosen Pembimbing: | Choeroni, Choeroni and Muchtar, Asmaji | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:03 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |