Salim, Agus (2025) EVALUASI KURIKULUM TERINTEGRASI ANTARA PONDOK PESANTREN DAN MADRASAH : STUDI KASUS PONDOK PESANTREN MODERN DARUSSALAM KEPAHIANG BENGKULU. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400040_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400040_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400040_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400040_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kurikulum terintegrasi yang diterapkan di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang Bengkulu , sebuah institusi pendidikan yang unik karena menggabungkan secara sistematis kurikulum pondok pesantren di bawah naungan Yayasan Al-Akhsyar dan madrasah sebagai bagian integral dari sistem pendidikan nasional, madrasah yang dikelola Kementerian Agama memadukan ilmu agama dan umum mempersiapkan peserta didik menjadi insan kamil yang berkontribusi bagi bangsa dan negara

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskritif,berupa dokumen tertulis maupun lisan dari nara sumber penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi,wawancara,dan dokumentasi.Untuk analisis dan keabsahan data,penulis menggunakan empat metode,yaitu reduksi data,penyajian data,varidasi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kekuatan dan kelemahan model kurikulum terintegrasi di Pondok Pesantren Modern Darussalam di bawah naungan Yayasan Al-Akhsyar, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilannya, serta merumuskan rekomendasi konstruktif untuk pengembangannya di masa depan. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap khazanah ilmu pendidikan Islam, khususnya dalam pengembangan model pendidikan yang holistik dan berdaya saing global, serta menjadi rujukan bagi institusi pendidikan Islam lainnya yang berupaya mengintegrasikan pendidikan agama dan umum secara efektif di bawah pengelolaan yayasan.

Dosen Pembimbing: Muchtar, Asmaji and Makhshun, Toha | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:06
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42488

Actions (login required)

View Item View Item