PURNOMO, AGUS (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM DWI MATRA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400039_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400039_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400039_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400039_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (478kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peranan penting dalam pengembangan karakter dan keterampilan abad 21 pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana implementasi PAI di Sekolah Dasar Islam Dwi Matra dapat meningkatkan aspek-aspek karakter dan keterampilan yang relevan dengan tuntutan abad 21. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi langsung, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen kurikulum.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitiannya yaitu guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SD Islam Dwi Matra. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa PAI di SD Islam Dwi Matra tidak hanya menekankan pada pengajaran nilai-nilai agama, tetapi juga mengintegrasikan keterampilan abad 21 seperti kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah dalam setiap kegiatan pembelajaran. Penerapan metode pembelajaran yang interaktif dan berbasis pada penguatan nilai-nilai moral memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter siswa, seperti disiplin, tanggung jawab, dan empati. Selain itu, keterampilan komunikasi, kerja sama, dan berpikir kritis juga berkembang seiring dengan pelaksanaan pembelajaran yang menggabungkan teori dan praktik.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa PAI di SD Islam Dwi Matra berperan strategis dalam membentuk generasi yang memiliki karakter kuat serta keterampilan yang sesuai dengan tantangan global. Oleh karena itu, penguatan dan pengembangan metode pembelajaran PAI yang berbasis pada karakter dan keterampilan abad 21 sangat penting untuk diterapkan lebih luas di sekolah-sekolah Islam.

Dosen Pembimbing: Mujib, Ahmad and Susiyanto, Susiyanto | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:07
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42487

Actions (login required)

View Item View Item