Rais, Abu Syujai (2025) IMPLEMENTASI DZIKIR KHAFI DALAM PENDIDIKAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN SULAIMANIYAH JAKARTA ISLAMIC CENTRE. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400019_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400019_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Implementasi dzikir dalam konteks pendidikan akhlak memiliki beberapa aspek penting. Pertama, dzikir berfungsi sebagai terapi diri yang dapat membantu dalam proses penyembuhan dan penyeimbangan kondisi jiwa seseorang. Kedua, dzikir berperan sebagai pembersih hati, membersihkan hati dari berbagai kotoran dan gangguan yang dapat mempengaruhi hubungan dengan Allah SWT dan merusak akhlak. Ketiga, dzikir juga bertindak sebagai motivator dalam pendidikan akhlak, mendorong individu untuk meningkatkan kualitas akhlak mereka. Dengan melakukan dzikir secara banyak, seseorang akan dapat melahirkan kecintaan (al mahabbah) kepada Allah SWT. Kecintaan ini pada gilirannya
memiliki keinginan yang kuat untuk dengan- upaya dzikir
bersifat Ini berarti dzikir terkait erat dengan hikmah yang sempurna, serta pengendalian emosi seperti kemarahan (ghadhab) dan ambisi (syahwat), sehingga semua aspek ini berada dalam keadaan sepenuhnya sesuai dengan ketentuan Dengan ini, dzikir membantu
dalam pembentukan akhlak yang baik dengan menciptakan keseimbangan antara berbagai aspek dalam diri manusia dan mengarahkannya sesuai dengan ajaran agama.
Di Pondok Pesantren Sulaimaniyah yang berlokasi di Jakarta Islamic Centre, terdapat beberapa upaya yang dilakukan untuk membentuk akhlak yang mulia. Salah satu upaya tersebut adalah melalui praktik dzikir khafi. Dzikir khafi digunakan sebagai sarana untuk
ampunan dosa
dan dengan harapan
mereka turut memberikan doa bagi para santri.
Penelitian yang dilakukan di tempat ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan.
memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang implementasi dzikir dalam pembentukan akhlak mulia di Pondok Pesantren tersebut.
Implementasi dzikir khafi dalam pendidikan akhlak santri di pondok Pesantren Sulaimaniyah Jakarta Islamic Centre berjalan efektif dari sisi program atau target prosedur dan hasil yang dicapai. Keberhasilan dzikir khafi dalam pendidikan akhlak santri di pondok Pesantren Sulaimaniyah Jakarta Islamic Centre efektifitas yang dicapai tinggi, melampaui target yang ditetapkan. Dalam keseharian santri terlihat memiliki akhlaqul karimah, melaksanakan tata tertib yang sudah ditetapkan oleh pihak Pesantren Sulaimaniyah, dan santri terlatih dengan kehidupan pesantren.
Kata Kunci: Dzikir Khafi, Pendidikan Akhlak, Pondok Pesantren Sulaimaniyah.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 07:11 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |