YAHYA, ABI ZAKARIA (2025) STRATEGI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN ISLAMI DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN EKONOMI SANTRI: STUDI ANALISIS DI PONDOK PESANTREN NURUL ILMI DARUNNAJAH 14. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400017_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400017_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502400017_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (504kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi pendidikan kewirausahaan Islam dalam membentuk kemandirian ekonomi santri di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14, Serang, Banten. Pendidikan kewirausahaan di pesantren ini diintegrasikan dalam kurikulum formal dan nonformal dengan tujuan membekali santri dengan keterampilan kewirausahaan berbasis nilai-nilai Islam. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggali strategi implementasi pendidikan kewirausahaan, tantangan yang dihadapi, dan dampaknya terhadap kemandirian ekonomi santri. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dilakukan melalui pembelajaran teori dan pengalaman langsung, seperti praktik di unit usaha pesantren dan kunjungan ke UMKM. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan fasilitas, seperti ruang praktik yang terbatas dan kurangnya tenaga pengajar yang berkompeten di bidang kewirausahaan. Pesantren berusaha mengatasi kendala ini dengan melibatkan praktisi dari luar pesantren untuk memberikan pelatihan dan pembekalan langsung kepada santri.
Dampak dari pendidikan kewirausahaan ini terhadap kemandirian ekonomi santri sangat signifikan, di mana mereka memperoleh keterampilan praktis yang memungkinkan mereka mandiri secara ekonomi. Pendidikan kewirausahaan berbasis syariah membantu santri dalam mengelola usaha dengan prinsip-prinsip Islam, seperti kejujuran, etika bisnis, dan keberkahan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan kewirausahaan berbasis nilai-nilai Islam di pesantren, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kemandirian ekonomi santri, baik secara pribadi maupun sosial.
Kata kunci: Pendidikan kewirausahaan Islam, kemandirian ekonomi, pesantren, nilai-nilai Islam, integrasi kurikulum.

Dosen Pembimbing: Darojat, Moch. Hasan and Muchtar, Asmaji | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Oct 2025 07:12
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42479

Actions (login required)

View Item View Item