RAHAYU, RENI (2025) PERAN POLA PENGASUHAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRIWATI (STUDY KASUS PESANTREN AL-HASANAH DARUNNAJAH 9 PAMULANG). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300430_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300430_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300430_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300430_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (677kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pola pengasuhan santri dalam membentuk karakter santriwati di Pesantren Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran pesantren dalam membentuk generasi penerus yang tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan, tetapi juga memiliki karakter Islami yang kuat. Namun, tantangan utama adalah menemukan pola pengasuhan yang efektif dan sistematis untuk mendukung pembentukan karakter santriwati secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pola pengasuhan pesantren yang diterapkan di Pesantren Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang? 2) Bagaimana pembentukan karakter santriwati yang dilakukan di pesantren tersebut? 3) Bagaimana pola pengasuhan pesantren dalam membentuk karakter santriwati secara holistik? Populasi penelitian adalah 56 guru, dengan sampel sebanyak 5 orang yang dipilih berdasarkan kriteria kompetensi dan relevansi terhadap topik penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara mendalam, dan observasi untuk memperoleh data yang valid, mendalam, dan objektif. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan yang disertai validasi melalui teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang berjudul Pengembangan Kaderisasi Kepemimpinan di Pesantren Darunnajah Indonesia, peneliti menemukan bahwa Pesantren Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang telah berhasil menerapkan pola pengasuhan yang terstruktur, berbasis pembiasaan, dan terintegrasi dengan visi misi lembaga dalam membentuk karakter santriwati. Melalui rutinitas harian, ibadah berjamaah, dan tanggung jawab bertahap, pesantren menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, dan kemandirian yang melekat dalam diri santriwati. Aktivitas seperti ibadah berjamaah, organisasi, dan kegiatan harian juga melatih santriwati dalam kepemimpinan, kerja sama, dan manajemen waktu. Efektivitas pola pengasuhan ini didukung oleh keteladanan guru dan pengasuh sebagai model perilaku. Meskipun terdapat hambatan, seperti kurangnya pemahaman nilai pondok di kalangan guru baru, pesantren mengatasinya dengan rapat rutin dan penyelarasan visi. Dengan pendekatan yang konsisten dan sistematis, pesantren mencetak santriwati yang cerdas secara intelektual dan berkarakter Islami.

Dosen Pembimbing: Darojat, Moch. Hasan and Muchtar, Asmaji | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 01 Dec 2025 07:46
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42471

Actions (login required)

View Item View Item