Muzaro’ah, Dela Amellya (2025) HUBUNGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) GURU PAI DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 GEMBONG TAHUN 2025/2026. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100042_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100042_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan minat belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Gembong tahun pelajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII, dan pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling) sebanyak 83 responden.
Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa metode STAD dapat menjadi alternatif strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan metode ini secara konsisten dan kreatif guna menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna.
Kata Kunci: Metode STAD, Guru PAI, Minat Belajar, Pembelajaran Kooperatif, SMPN 1 Gembong
| Dosen Pembimbing: | Makhshun, Toha and Muflihin, Ahmad | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 07:33 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
