AL BAIHAQI, MOHAMMAD FADHLAN (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDIT ASSHODIQIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502000078_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000078_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502000078_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000078_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru PAI dan penerapan metode pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Dalam penelitian ini menggunakan metode field research atau penelitian lapangan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis melalui beberapa tahap yaitu reduction, data display, dan verivication/penarikan kesimpulan, kemudian uji keabsahan data tersebut menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari program pembiasaaan melalui budaya sekolah yang telah dilakukan oleh SDIT ASSHODIQIYAH Semarang menunjukan motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang mendorong keterlibatan aktif peserta didik bukan hanya meningkatkan penguasaan materi pelajaran secara kognitif, tetapi juga berkontribusi pada pembentukan sikap, karakter, dan nilai-nilai religius yang tertanam dalam diri siswa.

Kata kunci : Motivasi belajar, strategi, pembelajaran interaktif

Dosen Pembimbing: Hariyadi, Sugeng and Anwar, Khoirul | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Nov 2025 07:35
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42434

Actions (login required)

View Item View Item