PANGESTU, ADAM RAHMADHAN DWIMAS (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. MULTI MEDIKA RAHARJO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000005_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000005_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000005_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000005_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Multi Medika Raharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pelanggan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah penggunaan media sosial dan kualitas pelayanan, sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa interaksi yang efektif melalui media sosial dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memperkuat loyalitas. Selain itu, kualitas pelayanan juga memiliki pengaruh yang signifikan, di mana keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik menjadi faktor penting dalam meningkatkan persepsi positif pelanggan.
Dengan demikian, PT. Multi Medika Raharjo disarankan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan serta memanfaatkan media sosial sebagai platform komunikasi yang responsif dan interaktif guna memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka.
Kata Kunci: Media Sosial, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Dosen Pembimbing: Mulyadi, Urip | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 Nov 2025 07:17
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42178

Actions (login required)

View Item View Item