JANNAH, MIFTAHUL (2025) PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI KELAS X (MA) DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400353_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502400353_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Dalam dunia Pendidikan terutaman dalam hal pengajaran guru berperan penting mengingat dunia Pendidikan semakin dinamis dengan menghadapi siswa yang mempunyai latar belakang pemahaman yang berbeda-beda dan cara belajar yang berfariasi maka dari itu guru harus selalu kreatif dalam memberikan pengajaran dan mampu menciptakan media pembelajaran yang bagus, di Pondok Darunnajah para guru selalu berusaha menyiapka pembelajaran dengan media yang tepat . Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey dan Teknik regresi linear ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah santri sampel penelitian ini sebanyak 60 kelas X MA Darunnajah Jakarta.
Hasil penelitian dengan menggunakan perhitungan statistik menggunakan SPSS 22 menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara Kreativitas Mengajar Guru (X1) dan Media Pembelajaran (X2) terhadap Motivasi Belajar Santri (Y) di MA Darunnajah Jakarta. Dengan Nilai signifikansi 0,341 < 0,05. Hasil koefisien diterenasi X1 Terhadap Y berpengaruh sebesar 82,36% dan X2 terhadap Y berpengaruh sebesar 64,51%. Hasil perhitungan persamaan regresi Y= 72.85 + 0,287X1 + 0,254X2 berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Kreativitas Mengajar Guru, Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Santri di MA Darunnajah Jakarta. Hasil Uji t variable Kreativitas Mengajar Guru (X1) Terhadap Variabel Motivasi Belajar Santri (Y) diperoleh thitung = 2.307 > ttabel = 0,254 ini berarti Ho ditolak pada signifikan α = 0,05 ini berarti sangat signifikan. Sedangkan hasil uji t variable Media Pembelajaran (X2) Terhadap Motivasi Belajar Santri (Y) Diperoleh thitung = 2.765 > ttabel = 0254, ini berarti Ho ditolak pada taraf signifikasi α = 0,05, ini berarti sangat signifikan. Nilai koefisien diterminasi dari X1 dan X2 terhadap Y Sebesar 91,8% Motivasi Belajar Santri di pengaruhi oleh kreativitas mengajar guru dan media pembelajaran, dan sisanya sebesar 8,2% dipengaruhi oleh faktor lain
Kata Kunci: Kreativitas Mengajar , Media Pembelajaran dan Motivasi belajar
| Dosen Pembimbing: | Izfanna, Duna and Madrah, Muna Yastuti | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:39 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
