Hasan, Tri Defita (2025) MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY READ WRITE AND KINESTHETIC BERBANTUAN APLIKASI EDUCAPLAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS III SDN BINTORO 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100106_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100106_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan kurikulum mandiri dalam
proses pembelajaran di Indonesia, dengan fokus pada inovasi yang dilakukan guru.
Dalam lingkungan pendidikan saat ini, guru diharapkan mengembangkan model
pengajaran yang menarik dan efektif yang tidak hanya menekankan aspek kognitif
tetapi juga aspek emosional dan psikomotorik. Kurikulum yang unik mendorong
partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, guru harus menggunakan berbagai model,
pendekatan dan media yang kreatif untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam
proses belajar mengajar. Penelitian ini juga menekankan pentingnya pengembangan
keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dengan fokus pada
pengembangan kognitif, emosional, dan psikomotorik. Dengan menggunakan
pendekatan inovatif, siswa diharapkan menjadi pembelajar yang lebih aktif dan
lebih mengembangkan keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah. Hasil
penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan guna menyusun strategi
pembelajaran yang lebih baik dan efektif di masa depan, serta sebagai acuan bagi
guru untuk menerapkan kurikulum mandiri secara optimal.
Kata kunci: VARK, Educaplay, Kemampuan pemecahan masalah matematika,
Pembelajaran matematika
Dosen Pembimbing: | ULIA, NUHYAL | nidn0622128505 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:52 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40472 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |