Suprapti, Tatik (2013) ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN LOYALITAS KONSUMEN MELALUI DIFERENSIASI PRODUK DAN CITRA MEREK ( Survei pada Pengguna Sepeda Motor “Honda” di Ungaran ). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
Preview |
Text
Cover_1.pdf |
Preview |
Text
Abstrak_1.pdf |
Preview |
Text
Daftar Isi_1.pdf |
Preview |
Text
Daftar Pustaka_1.pdf |
Abstract
Pertumbuhan industri sepeda motor di Indonesia berkembang sangat pesat,
seiring dengan pertumbuhan konsumennya. Untuk itu perusahaan harus
melakukan berbagai strategi untuk dapat bertahan dan bahkan memenangkan
persaingan. Loyalitas konsumen merupakan kunci dari perubahan pangsa pasar.
Maka peningkatan loyalitas konsumen sangat penting peranannya dalam
mempertahankan dan memperluas pangsa pasar. Oleh sebab itu, perusahaan harus
mampu mengetahui apa yang dibutuhkan dan diharapkan konsumennya.
Munculnya berbagai merek sepeda motor saat ini, membuat konsumen memiliki
banyak sekali pilihan dan pertimbangan sesuai dengan apa yang mereka inginkan.
Maka perusahaan harus berlomba-lomba menonjolkan perbedaan dan keunggulan
produk mereka dibanding produk pesaing.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diferensiasi
produk dan citra merek terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Penelitian ini
merupakan penelitian yang bersifat survei dengan populasi semua konsumen
sepeda motor Honda di Ungaran. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 100
orang yang menggunakan sepeda motor Honda di Ungaran, yang mau dan
bersedia menjadi responden saat penelitian yang diambil secara purposive
sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunkan kuesioner.
Analisis data dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil analisis regresi
linier berganda menunjukkan bahwa diferensiasi produk dan citra merek
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen.
Dan variabel diferensiasi produk berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas
konsumen, baik secara langsung maupun melalui kepuasan konsumen. Adjusted R
square (R
2
) yang dihasilkan dalam penelitian ini sebesar 63,2%.
Kata kunci : Diferensiasi produk, Citra Merek, Kepuasan Konsumen dan
Loyalitas konsumen.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Users 725 not found. |
Date Deposited: | 07 Apr 2016 04:04 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 04:04 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |