SUAIB, SUAIB (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN ZIKIR DALAM MENAGGULANGI PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA SMAN 1 LEMITO KEC. LEMITO KAB. POHUWATO PROV. GORONTALO. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300302_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300302_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300302_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300302_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Implementasi Pendekatan Zikir Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang pada Siswa SMAN 1 Lemito Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo" Pendekatan zikir merupakan suatu metode spiritual yang mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dalam pembentukan karakter siswa. Melalui praktik zikir yang rutin, siswa diajak untuk merenungkan nilai-nilai moral dan spiritual yang mendalam, sehingga dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan perilaku. Pendekatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengubah perilaku siswa secara langsung, tetapi juga membangun kesadaran mereka akan pentingnya memiliki karakter yang berbasis pada ajaran agama, seperti kedisiplinan, kesabaran, dan tanggung jawab, yang menjadi pondasi penting dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di luar lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan zikir dalam menanggulangi perilaku menyimpang siswa di SMA Negeri 1 Lemito. Dalam hal ini yang Peneliti maksudkan adalah pelanggaaran terhadap tata tertib sekolah seperti kebiasaan datang terlambat ke sekolah, bolos, bermain gadget saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa, observasi terhadap pelaksanaan zikir, wawancara kepada siswa, guru agama islam, BK, Kesiswaan serta Kepala Sekolah dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berperilaku menyimpang, guru PAI, BK, Kesiswaan serta Kepala SMA Negeri 1 Lemito. Fokus penelitian adalah bagaimana guru PAI mengimplementasikan pendekatan zikir sebagai upaya preventif, serta efektivitas metode tersebut dalam menanggulangi perilaku menyimpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan zikir yang dilakukan secara rutin dan terorganisir dengan baik terbukti efektif dalam membentuk pola pikir positif siswa, menenangkan hati mereka, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menghargai waktu, serta kedisiplinan dalam datang dan pulang tepat waktu. Hal ini disebabkan oleh kemampuan zikir dalam membantu siswa lebih memahami betapa berharganya waktu yang telah diberikan oleh Allah SWT. Sehingga pelanggaaran terhadap tata tertib sekolah seperti kebiasaan datang terlambat ke sekolah, bolos, bermain gadget saat pembelajaran berlangsung bisa dicegah. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan peran guru PAI dalam menerapkan pendekatan zikir secara konsisten.
Kata Kunci: Pendekatan Zikir, Perilaku Menyimpang, Guru PAI

Dosen Pembimbing: Irfan, Agus and Warsiyah, Warsiyah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2025 02:21
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39566

Actions (login required)

View Item View Item