Hadinigrum, Laura (2025) PENGARUH TERAPI TEHNIK HIPNOTIS LIMA JARI TERHADAP TINGKAT STRES PADA SISWA-SISWI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30902100118_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30902100118_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Keperawatan_30902100118_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Keperawatan_30902100118_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (148kB)

Abstract

Latar Belakang: Masa remaja merupakan periode peralihan
perkembangan yang melibatkan perubahan fisik, biologis,sosio-emosional,
dan kognitif. Proses peralihan ini sering kali menimbulkan stres akademik.
Sehingga diperlukan terapi tehnik hipnotis lima jari untuk membantu
siswa-siswi SMA mengelola stres secara efektif.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimen
pre-post test. Dengan 40 responden, terdiri dari 20 kelompok intervensi
dan 20 kelompok kontrol. Menggunakan teknik consecutive sampling.
Data dianalisis dengan uji marginal homogeneity dan uji mann-whitney.
Hasil: Hasil penelitian yang dilakukan melibatkan 40 siswa – siswi SMA
yang memiliki tingkat stres sedang – berat, analisis statistik menggunakan
uji marginal homogeneity mengungkapkan adanya pengaruh tehnik
hipnotis lima jari pada tingkat stres siswa-siswi SMA pada kelompok
perlakuan, p-value 0,001 yang berarti ada perbedaan tingkat stres pada
siswa-siswi SMA antara sebelum dan setelah pemberian tehnik hipnotis
lima jari.
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara
pemberian tehnik hipnotis lima jari dengan tingkat stres
Kata Kunci: Tingkat stres, Hipnotis lima jari, Remaja

Dosen Pembimbing: FEBRIANA, BETIE | nidn0623028802
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2025 03:16
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39531

Actions (login required)

View Item View Item