WARDANI, MAULIA (2025) IMPLEMENTASI METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SANTRI LPQ AL-IKHLAS TANGGUNGREJO SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502100068_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100068_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502100068_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100068_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) pada pembelajaran Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Al-Qur'an (LPQ) Al-Ikhlas Tanggungrejo Semarang tahun ajaran 2024/2025. Metode BCM dipilih sebagai pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif untuk meningkatkan minat dan pemahaman santri dalam mempelajari Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode BCM dilakukan melalui tiga tahap utama. 1) perencanaan, guru mempersiapkan materi dengan memanfaatkan buku panduan dan sumber lainnya. 2) Pelaksanaan, guru mengimplementasikan metode bermain dengan memadukan berbagai permainan edukatif yang relevan dengan materi pembelajaran Al-Qur'an. Metode cerita, guru menceritakan kisah-kisah inspiratif dari Al-Qur'an dengan menggunakan gaya yang menarik, interaktif, dan ekspresif agar santri memahami cerita yang disampaikan, serta memadukan dengan sesi tanya jawab. Metode menyanyi, guru mengajarkan dan mengajak santri untuk menyanyikan lagu bersama-sama. Lagu-lagu yang diajarkan mengandung berbagai materi pembelajaran Al-Qur’an. 3) Evaluasi, dilakukan melalui penilaian kemampuan santri dalam membaca, menghafal, dan memahami Al-Qur'an, serta melalui musyawarah berkala antar guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode BCM efektif dalam meningkatkan antusiasme dan pemahaman santri terhadap pembelajaran Al-Qur'an.
Kata Kunci : Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi), Pembelajaran Al-Qur’an

Dosen Pembimbing: Farhan, Moh. and Anwar, Khoirul | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 May 2025 02:48
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39228

Actions (login required)

View Item View Item