SETYANI, ADINDA DWI AYU (2024) PENGARUH ORIENTASI WIRAUSAHA DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA PEMASARAN BISNIS UMKM MAKANAN TRADISIONAL KHAS KABUPATEN REMBANG TESIS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300006_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300006_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) merupakan satu sektor yang diyakini
pemerintah memiliki potensi untuk memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan
kemakmuran ekonomi Indonesia. Lingkup sangat beragam dan luas, dengan setiap
langkah diambil untuk meyakinkan pelanggan. Sehubungan dengan hal tersebut, seluruh
pelaku usaha lomba-lomba memotivasi dengan menerapkan berbagai strategi dengan
tujuan meningkatkan produktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris
pengaruh orientasi bisnis, kreativitas, dan praktik kerja inovatif terhadap pemasaran
bisnis tradisional khas Kabupaten Rembang.
Data primer dalam penelitian ini berasal dari 100 responden yang merupakan
pemilik UMKM yang bergerak di sektor bisnis. Data primer dianalisis secara kuantitatif
menggunakan perangkat lunak Smart PLS versi 3.0. Populasi dalam penelitian di dalam
adalah UMKM tradisional khas Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan UMKM
tradisional khas Kabupaten Rembang. Dalam studi, sampel dianalisis menggunakan
metode Slovin, yang menghasilkan sampel yang secara akurat mencerminkan populasi.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara
variabel orientasi bisnis, kreativitas, dan praktik kerja inovatif dengan praktik kerja bisnis
tradisional khas Kabupaten Rembang.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa orientasi
wirausaha berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai P
Value yang membentuk pengaruh orientasi wirausaha terhadap kinerja pemasaran adalah
sebesar 0,000 dengan nilai T Statistic sebesar 4,502. Hasil tersebut sesuai dengan rule of
thumb dengan nilai P Value <0,05 dan T Statistic >1,96. Orientasi wirausaha berpengaruh
secara signifikan terhadap kinerja inovasi dengan Nilai P Value yang membentuk
Pengaruh Orientasi Wirausaha terhadap Kinerja Inovasi adalah sebesar 0,004 dengan
nilai T Statistic sebesar 2,850. Hasil tersebut sesuai dengan rule of thumb dengan nilai P
Value <0,05 dan T Statistic >1,96. Kreativitas berpengaruh secara signifikan terhadap
kinerja pemasaran dengan Nilai P Value yang membentuk Pengaruh Kreativitas terhadap
Kinerja Pemasaran adalah sebesar 0,000 dengan nilai T Statistic sebesar 5,799. Hasil
tersebut sesuai dengan rule of thumb dengan Nilai P Value <0,05 dan T Statistic >1,96.
Kreativitas berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja inovasi dengan Nilai P Value
yang membentuk Pengaruh Kreativitas terhadap Kinerja Inovasi adalah sebesar 0,000
dengan nilai T Statistic sebesar 8,602. Hasil tersebut sesuai dengan rule of thumb dengan
nilai P Value <0,05 dan T Statistic >1,96. Kinerja Inovasi berpengaruh secara signifikan
terhadap kinerja pemasaran dengan Nilai P Value yang membentuk Pengaruh Kinerja
Inovasi terhadap Kinerja Pemasaran. adalah sebesar 0,000 dengan nilai T Statistic sebesar
7,797. Hasil tersebut sesuai dengan rule of thumb dengan nilai P Value <0,05 dan T
Statistic >1,96.
Kata kunci : orientasi wirausaha, kreativitas, kinerja inovasi, kinerja pemasaran, UMKM.
Dosen Pembimbing: | NURHIDAYATI, NURHIDAYATI | nidn0630057201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 06:17 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |