Zaenuri, Zaenuri (2024) PERANAN KELUARGA DALAM PEMBANGUNAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI SILAHUL ULUM ASEMPAPAN TRANGKIL PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
| 
              
Text
 Magister Pendidikan Agama Islam_21502300224_fullpdf.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Magister Pendidikan Agama Islam_21502300224_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only  | 
          
Abstract
PenelitianL ini berawalL dari pengamatanL bahwa akhir-akhirL ini banyakL terjadi dekadensiL moral anakL khususnya anakL usia remaja/Lpelajar, dengan ditandaiL maraknya Ltawuran, klitih,,rendahnyaL akhlak usiaL pelajar. MelihatL hal tersebutL   maka   perluL   kiranya   adaL   peran Lkeluarga, kerjasama   Lantarwalimurid,   sekolah,   danL masyarakat untukL memecahkan persoalanL tersebut. DariL latar belakangL masalah Ltersebut, peneliti tertarikL untuk Lmeneliti,  mengamati lebihL jauh tentangL “Peranan KeluargaL dalam PembangunanL Karakter PesertaL Didik diL MI SilahulL Ulum AsempapanL Trangkil LPati”.
PenelitianL ini merupakanL penelitian lapanganL (field ReserchL) dengan pendekatanL kualitatif  Ldiskriptif.  yang bertujuanL  untuk  mendapatkanL  gambaran tentangL Peranan KeluargaL dalam PembangunanL Karakter PesertaL Didik diL MI SilahulL Ulum AsempapanL Trangkil LPati. serta untukL mengetahui hasilL yang didapatL dengan adanyaL peran kelurgaL dan kerjasamaL tersebut.  AdapunL informan penelitiannyaL adalah KepalaL Madrasah, WakilL Kepala UrusanL Kesiswaan, KomiteL Madrasah, WaliL Murid pesertaL didik MIL Silahul UlumL Asempapan. TeknikL pengumpulan dataL   dengan Lobservasi, wawancara, danL dokumentasi. KemudianL data   dianalisisL   dengan   menggunakanL   analisis   interaktifL   dari   MilesL  dan LHubberman, yang terdiriL dari, kondensasiL data, penyajianL data,penarikanL kesimpulan danL verifikasi.
HasilL penelitian iniL menyimpulkan bahwaL Peranan KeluargaL dalam PembangunanL Karakter PesertaL Didik diL MI SilahulL Ulum AsempapanL dilakukan denganL berbagai caraL diantaranya adalahL dengan mensosialisasikanL  program  sekolahL  untuk  mewujudkanL  visi  danL  misi  sekolahL yakni cerdasL intelektual, cerdasL emosional, danL cerdas Lspiritual, membentuk paguyubanL orangtua, Lpembiasaan- pembiasaan, menjalinL komunikasi yangL efektif antaraL orangtua, Lsekolah, guru bimbinganL konseling maupunL guru Lamong. Dengan melaksanakanL program tersebutL hasil yangL didapatkan adalahL tingkat pelanggaranL tata tertibL rendah, danL karakter anakL berubah menjadiL lebih Lbaik, serta tercapaiL visi danL misi Lsekolah.
LKata Kunci: LPeranan, Keluarga, LKarakter, Peserta LDidik, MIL Sialhul UlumL
| Dosen Pembimbing: | Mujib, Ahmad and Susiyanto, Susiyanto | UNSPECIFIED | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc | 
| Divisions: | Pascasarjana Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam  | 
        
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA | 
| Date Deposited: | 24 Feb 2025 01:58 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37748 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
