Huda, Nurul (2024) SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MA AL ISTI'ANAH BOARDING SCHOOL PLANGITAN KABUPATEN PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300166_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300166_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300166_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300166_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Al Isti’anah Boarding School Plangitan Kabupaten Pati , faktor pendukung dan penghambat serta hasilnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu dan teknik. Teknik análisis datanya meliputi: reduksi data, penyajian data danverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Al Isti’anah Boarding School Plangitan Kabupaten Pati sudah berjalan dengan baik. Kepala madrasah sebagai supervisor dalam perencanaan adalah dimulai dengan analisis program supervisi tahun sebelumnya, menyusun program supervisi, kepala madrasah melibatkan wakil kepala madrasah, semua guru dan tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaannya, kepala madrasah memulai dengan mengadakan pertemuan pra observasi, observasi, post observasi dan tindak lanjut. Faktor pendukungnya adalah profesionalitas kepala madrasah yang tinggi, kepala madrasah memiliki kepribadian yang baik, kompetensi supervisi akademik kepala madrasah yang memadahi, dan adanya dukungan dari semua guru di madrasah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sering timbulnya tumpang tindih kegiatan yang harus dilakukan kepala sekolah dalam waktu yang bersamaan, sehingga program yang telah disiapkan kadang-kadang harus ditunda, karena adanya kegiatan lain yang sangat mendesak seperti rapat dinas yang harus didahului. Hasilnya terjadi peningkatan kompetensi profesional guru.

Kata Kunci:Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional

Dosen Pembimbing: Muchtar, Asmaji and Mujib, Ahmad | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:57
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37708

Actions (login required)

View Item View Item