Mahfudi, Muhammad (2024) PEMBELAJARAN KITAB KUNING MENGGUNAKAN METODE SOROGAN BERBASIS NADHOM JURUMIYAH BAHASA INDONESIA DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN MENAWAN KUDUS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300138_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300138_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300138_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300138_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (247kB)

Abstract

Pembelajaran adalah proses yang sangant penting dalam pendidikan, karna dalam prosesnya terdapat macam-macam komponen yang saling berhubungan sebagai suatu system. Metode sorogan merupakan salah satu metode dalam pembelajaran kitab kuning yang mana pembelajarannya secara individual, dimana santri menghadap secara bergantian kepada kyai atau ustadz untuk membaca, menjelaskan dan menghafal pelajaran yang diberikan sebelumnya. Penelitian bertujuan untuk: 1. Mengetahui konsep metode sorogan berbasis Nadhom Jurumiyah bahasa Indonesia di Pondok pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan. 2. Mengetahui tujuan diterapkannya metode sorogan berbasis Nadhom Jurumiyah bahasa Indonesia di pondok pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. 3. Mengetahui kekurangan dan kelebihan metode sorogan berbasis nadhom Jurumiyah di pondok pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif terapan dengan teknik pengumpulan data (observasi, wawancara dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep penggunaan metode sorogan berbasis nadhom Jurumiyyah di Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an sudah berjalan dengan baik. Tujuan penggunaan metode sorogan berbasis nadhom Jurumiyyah, yaitu untuk mempercepat pemahaman kitab kuning dan gramatika bahasa arab. Sedangkan kelebihan dan kekurangan metode sorogan, yaitu sangat membantu para santri untuk memahami gramatika bahasa arab yang mana hal tersebut berimplikasi terhadap pemahaman kitab kuning. Sedangkan kekurangan metode sorogan secara umum adalah membutuhkan waktu yang relative lama dan tenaga pendidik yang banyak..

Kata Kunci: Pembelajaran kitab kuning, metode sorogan, nadhom jurumiyah.

Dosen Pembimbing: Warsiyah, Warsiyah and Irfan, Agus | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 Feb 2025 02:02
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37672

Actions (login required)

View Item View Item