Aziza, Naily Nihla (2024) PERAN BRAND AMBASSADOR DAN SHOPPING EXPERIENCE TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN E-TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA GEN Z DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Manajemen_30402000256_fullpdf.pdf] Text
Manajemen_30402000256_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Manajemen_30402000256_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Manajemen_30402000256_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (105kB)

Abstract

Generasi semakin menyadari kebutuhan yang pesat dan terus berkembang
mengakibatkan mereka terus mencari tempat untuk berbelanja yang mudah,
terjamin kualitasnya, dan juga lebih menghemat waktu, serta tenaga. Dari situ,
bermunculan toko-toko yang beralih dari toko offline menjadi toko online atau yang
sering disebut dengan marketplace. Marketplace di Indonesia telah mengalami
pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun belakangan. Perkembangan bisnis
yang cukup melonjak pada marketplace ini mengakibatkan banyak pihak berpindah
haluan dari yang tadinya hanya mengandalkan pelanggan di sekitar daerah toko
tersebut menjadi beralih menjangkau pelanggan dari berbagai daerah tanpa melalui
kontak langsung antara penjual dan pembeli. Dalam pembelian online, salah satu
marketplace yang mengalami peminatan pembelian fluktuatif yaitu Tokopedia.
Tokopedia yang mengalami pengunjung fluktuatif tiap tahunnya. Tokopedia
melakukan pemasaran besar-besaran dan sering melakukan promosi tanggal
kembar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Brand Ambassador dan
Shopping Experience terhadap Repurchase Intention dengan E-trust sebagai
variabel intervening pada marketplace Tokopedia pada Gen Z di Semarang. Data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data
primer didapatkan peneliti dari penyebaran kuesioner kepada responden. Jumlah
responden yang digunakan yaitu 100 responden. Sementara, data sekunder
diperoleh dari studi Pustaka seperti data dari buku, internet, jurnal, makalah, artikel,
dan lain sebagainya. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi
linier berganda dengan bantuan aplikasi pengolah data statistic yaitu SPSS. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Brand Ambassador dan Shopping Experience
keduanya berpengaruh terhadap Repurchase Intention dan E-trust, namun E-trust
tidak berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Shopping Experience, Repurchase Intention, Etrust

Dosen Pembimbing: Asyhari, Asyhari | nidn0624116601
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 03 Feb 2025 06:18
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37408

Actions (login required)

View Item View Item