Pramesti, Dian Lestisya (2024) PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK UMKM BINAAN BANK INDONESIA PROVINSI KALIMANTAN UTARA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402300142_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300142_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402300142_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300142_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemasaran digital terhadap
keputusan pembelian produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang
dibina oleh Bank Indonesia di Provinsi Kalimantan Utara, dengan brand awareness
dan brand image sebagai variabel intervening. Dalam era digital saat ini, pemasaran
digital telah menjadi strategi utama untuk meningkatkan visibilitas, kesadaran
merek, dan citra merek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data
yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada 60 responden konsumen
atau masyarakat di Kota Tarakan, Kalimantan Utara yang pernah membeli produk
UMKM Binaan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital berpengaruh positif dan
signifikan terhadap brand awareness dan brand image. Selain itu, brand awareness
dan brand image juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran
digital dalam memperkuat citra merek dan meningkatkan keputusan pembelian
produk UMKM di Provinsi Kalimantan Utara. Penelitian ini memberikan
kontribusi praktis bagi UMKM untuk meningkatkan pengetahuan dan pemanfaatan
pemasaran digital guna memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.
Penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi UMKM dalam
memanfaatkan pemasaran digital secara optimal, seperti keterbatasan pengetahuan
digital dan infrastruktur internet yang terbatas di beberapa daerah. Rekomendasi
diberikan untuk memperkuat dukungan dan pelatihan terkait pemasaran digital bagi
UMKM di wilayah tersebut untuk mencapai hasil yang lebih baik.
Kata Kunci: Digital Marketing, Keputusan Pembelian, Brand Awareness, Brand
Image, UMKM

Dosen Pembimbing: Khajar, Ibnu | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:04
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37125

Actions (login required)

View Item View Item