SARI, SAPUTRI KARUNIA (2024) PERAN GREEN PERCEIVED VALUE, GREEN PERCEIVED QUALITY TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402300133_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300133_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402300133_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300133_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (35kB)

Abstract

Green Purchase Intention merupakan suatu konsep niat beli konsumen
dengan mempertimbangkan produk-produk yang ramah lingkungan. Dimana
produk ramah lingkungan menjadi salah satu upaya dalam meminimalisir
permasalahan lingkungan. Sudah banyak studi dan kajian-kajian mengenai Green
Purchase Intention, tapi bagaimana orientasinya yang dipengaruhi oleh beberapa
faktor lain masih menjadi perbandingan suatu kajian. Tujuan dari penelitian ini
adalah mengeksplorasi model konseptual tentang bagaimana meningkatkan Green
Purchase Intention dengan Green Perceived Value dan Green Perceived Quality
serta peran mediasi Green Trust. Responden dalam penelitian ini adalah 100
responden orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan
kriteria seseorang yang pernah melakukan pembelian produk organik Al Barokah.
di Semarang. Penelitian empiris ini merupakan explanatory quantitative research
dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least
Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS 4 sebagai alat analisis data. Hasil
penelitian menggunakan variabel Green Perceived Value, Green Perceived Quality
dan Green Trust berpengaruh positif signifikan terhadap Green Purchase Intention.
Hal ini menunjukkan bahwa nilai manfaat yang diterima konsumen serta kualitas
produk dari produk organik yang baik akan mampu memberikan kepercayaan
kepada konsumen terhadap produk organic sehingga mampu meningkatkan minat
beli konsumen terhadap produk organik. Temuan penelitian ini dapat memberikan
implikasi manajerial bagi produsen produk organik yaitu sebagai gambaran dalam
menentukan strategi yang tepat untuk menarik minat beli terhadap produk organik
melalui peningkatan Green Perceived Value, Green Perceived Quality serta Green
Trust.
Kata kunci: Green Perceived Value, Green Perceived Quality, Green Trust, Green
Purchase Intention

Dosen Pembimbing: Sulistyo, Heru | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2025 06:07
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37113

Actions (login required)

View Item View Item