MEGAWATI, AYUNINGTYAS (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN EWOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI KEPERCAYAAN PADA GENERASI Z. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402300100_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300100_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402300100_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300100_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (156kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan sosial media
dan e-wom terhadap keputusan pembelian serta menguji kepercayaan sebagai
mediasi antara penggunaan sosial media dan e-wom dengan keputusan pembelian.
Pengambilan data yang dilakukan dengan cara kuesioner yang disebarkan melalui
sosial media seperti Whatsapp, TikTok dan Instagram. Populasi dari penelitian ini
adalah 100 Generasi Z yang merupakan mahasiswa Universitas Borneo Tarakan.
Metode yang digunakan adalah purposive sampling untuk menyebarkan kuesioner
secara online yang kemudian diolah menggunakan smartPLS-SEM. Hasil dari
penelitian ini adalah penggunaan sosial media mempengaruhi secara signifikasn
kepercayaan. Kemudian penggunaan sosial media dan kepercayaan dapat
mempengaruhi keputusan pembelian. Sementara EWOM tidak mempengaruhi
kepercayaan dan keputusan pembelian.
Kata Kunci: Penggunaan Sosial Media, E-WOM, Kepercayaan, Keputusan
Pembelian

Dosen Pembimbing: Widodo, Widodo | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jan 2025 03:06
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37041

Actions (login required)

View Item View Item