KHAERUNNISA, KHAERUNNISA (2024) PENGARUH MEDIA POSTER DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR AL QUR'AN HADIS SISWA KELAS V MI MAFATIKHUSSIBYAN DUKUHLO KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300083_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300083_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Beberapa tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis
melibatkan ketidakseragaman metode pengajaran serta kurangnya daya tarik visual
dalam penyampaian materi. Selain itu, tingginya penggunaan teknologi di kalangan
siswa dapat dimanfaatkan dengan lebih baik untuk meningkatkan minat belajar
mereka. Oleh karena itu, penggunaan media poster dengan aplikasi Canva
diharapkan dapat mengatasi tantangan ini dan memberikan alternatif yang lebih
menarik dan efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh media poster dengan
menggunakan aplikasi Canva terhadap minat belajar Al-Qur’an Hadis; 2) pengaruh
media poster dengan menggunakan aplikasi Canva terhadap hasil belajar Al-Qur’an
Hadis; dan 3) pengaruh media poster dengan menggunakan aplikasi Canva terhadap
minat belajar dan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MI
Mafatikhussibyan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode eksperimen, desain eksperimen yang digunakan yaitu eksperimen semu
(quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang
terdiri dari Kelas VA dan kelas VB. Karena jumlah sampel kurang dari 50 maka
metode pentuan sampelnya menggunakan sampel sensus, yaitu semua populasi
dijadikan sebagai sampel, yaitu 20 siswa kelas VA sebagai kelompok Eksperimen
dan kelas VB sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dari hasil angket minat
belajar dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan essay. Data yang
terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan uji Independent Sampel T
Tes dan multivariate analisis of varience (Manova).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: minat belajar siswa yang di ajar dengan
media poster aplikasi Canva memiliki minat belajar yang sangat baik atau sangat
kuat sedangkan siswa yang tidak menggunakan media poster Canva memiliki
minat belajar yang cukup baik. Hasil belajar pun demikian, siswa kelompok
eksperimen memiliki hasil belajar dengan rata-rata 78,30, sedangkan siswa
kelompok kontrol memiliki rata-rata 69,65. Dari uji hipotesis diperoleh bahwa
penggunaan media dengan menggunakan poster aplikasi Canva berpengaruh secara
signifikan, begitu juga penerapan media poster dengan menggunakan aplikasi
Canva terhadap hasil belajar berpengaruh secara signifikan. Penerapan media
poster dengan menggunakan aplikasi Canva juga secara simultan berpengaruh
secara signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa.
Dosen Pembimbing: | Warsiyah, Warsiyah and Irfan, Agus | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics |
Divisions: | Pascasarjana Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 02:54 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |