MUSTOFA, MUSTOFA (2024) KONTRIBUSI PEMIKIRAN KH. MAIMOEN ZUBAIR DALAM PENDIDIKAN AKHLAK. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300026_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (54kB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300026_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300026_fullpdf.pdf

| Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perkembangan pendidikan akhlak di
Indonesia dan 2) menganalisis kontribusi pemikiran KH. Maimoen Zubair dalam
pendidikan akhlak. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif
deskriptif. Penggalian data dilakukan dengan metode kepustakaan, analisis isi, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendidikan akhlak di Indonesia telah
mengalami banyak perubahan seiring waktu dan tantangan sosial. Pada masa awal
kemerdekaan, pendidikan akhlak berakar pada ajaran Islam melalui pesantren dan
madrasah, yang berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai moral kepada generasi
muda. Seiring waktu, pendidikan akhlak diintegrasikan dalam kurikulum formal sekolah
melalui mata pelajaran agama dan pendidikan kewarganegaraan. Pemerintah terus
memperkuat pendidikan akhlak melalui kebijakan seperti Kurikulum 2013 dan Program
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Teknologi informasi memberikan tantangan dan
peluang bagi pendidikan akhlak, namun menjaga integritas moral tetap menjadi fokus
utama. 2) Dalam bukunya KH. Maimoen Zubair: Nur Muhammad Saw.," beliau
mengajarkan tiga tahap penting untuk mencapai akhlak sempurna: tafaqquh fiddin
(memperdalam ilmu agama), ngalap ilmu (belajar dari ulama), dan mulang ngaji
(mengajar orang lain). Tahapan ini saling berkaitan dan merupakan esensi dari
pendidikan akhlak yang komprehensif. Pendidikan akhlak mencakup hubungan dengan
Allah, Rasulullah, sesama manusia, dan diri sendiri, serta menekankan praktik nyata
dalam kehidupan sehari-hari. KH Maimoen Zubair menekankan pentingnya mengajar
ilmu agama untuk memperluas manfaatnya dan membantu manusia menginternalisasi
nilai-nilai moral Islam.

Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Kontribusi, Pemikiran, KH. Maimoen Zubair.

Dosen Pembimbing: Muchtar, Asmaji and Mujib, Ahmad | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Dec 2024 01:24
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36751

Actions (login required)

View Item View Item