FAUZI, AKHMAD (2024) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 1 KALITAPEN KABUPATEN BANYUMAS JAWA TENGAH. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300021_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300021_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502300021_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300021_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (57kB)

Abstract

Dunia Pendidikan di madrasah terdapat berbagai permasalahan, diantaranya adalah
perolehan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas IV
di MI Ma'arif NU 1 Kalitapen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, rendahnya prestasi belajar
tersebut dapat mencakup beberapa poin penting sebagai berikut: (1) Pembelajaran terpusat
pada guru sehingga siswa merasa jenuh atau bosan. (2) Motivasi guru untuk merangsang
siswa bertanya atau menjawab pertanyaan belum ada. (3) Guru belum menerapkan media
yang dapat menumbuhkan rasa tertarik dari dalam diri siswa sehingga menumbuhkan rasa
ingin tahu dalam diri siswa. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini,
maka tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Media
Audio Visual di MI Ma’arif NU 1 Kalitapen. (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi
hasil belajar Mapel SKI Siswa Kelas 4 MI Ma’arif NU 1 Kalitapen.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian
kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang
dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan
bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode
alamiah (Moeloeng, 2007:6). Penelitian kualitatif tidak menggunakan istilah populasi, tetapi
menggunakan “social situation” atau situasi sosial yang terdiri atas tiga elemen yaitu : tempat
(place), pelaku (actor), dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara sinergis (Sugiyono,
2006:207). Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif NU 1 Kalitapen, yang beralamat di Jalan
Gunung Putri Desa Kalitapen Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa
Tengah. Berbagai strategi pengumpulan data dalam penelitian kualitatif secara umum dapat
dikelompokkan ke dalam dua jenis cara, yaitu metode atau teknik pengumpulan data yang
bersifat interaktif dan noninteraktif. Data interaktif berarti ada kemungkinan terjadi saling
mempengaruhi antara peneliti dengan sumber datanya. Teknik noninteraktif sama sekali tak
ada pengaruh antara peneliti dengan sumber datanya, karena sumber data berupa benda, atau
sumber datanya manusia atau yang lainnya (Sutopo, 2006:66). Dalam menganalisis data
meggunakan teknik analisis data secara kualitatif pada dasarnya ialah upaya dalam
menetukan dan juga merangkai data yang diperoleh secara terstruktur dari hasil penelitian
yang dilakukan dengan tekhnik wawancara, observasi dan juga dokumentasi (Sugiyono: 368).
Pada analisis data yang akan peniliti lakukan yaitu mengambil tekhnik analisa data induktif
yang menfokuskan pada hal-hal yang akan di polakan menjadi teori baru setelah
dilakukannya kegiatan wawancara, observasi serta pengumpulan data melaului dokumentasi
secara mendalam.
Dari hasil penelitian, perolehan pembelajaran tahap I dan tahap II diperoleh catatan
pada tahap I jumlah siswa tuntas belajar ada 20 siswa atau 76,92% dan pada tahap II jumlah siswa tuntas belajar 23 siswa atau 88,46%. Dengan demikian perolehan tahap I dan II
menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar hingga pada akhirnya mencaai target KKM
klasikal yang diharapkan yaitu jumlah siswa tuntas belajar > 85%. Dengan demikian secara
keseluruhan dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran yang menggunakan media audio visual
dalam meningkatkan hasil prestasi belajar siswa mata pelajaran SKI pada siswa kelas IV MI
Ma’arif NU 1 Kalitapen berhasil dengan baik. Keadaan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan
bahwa dengan tahap yang berulang-ulang melalui penggunaan media dan materi yang sama
dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa secara lebih berarti.

Kata Kunci: prestasi belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, motivasi belajar, dan media audio
visual.

Dosen Pembimbing: Susiyanto, Susiyanti and Mujib, Ahmad | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Dec 2024 01:16
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36747

Actions (login required)

View Item View Item