Wilujeng, Sugiarti (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU KONSUMEN GENERASI MILENIAL DALAM PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK BERSERTIFIKASI BPOM SECARA ONLINE DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
![]() |
Text
Farmasi_33101700061_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Farmasi_33101700061_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Produk kosmetik yang tidak sesuai dengan standar aman semakin marak
akhir-akhir ini, terlebih dengan kemudahan dalam melakukan transaksi jual-beli
secara online menyebabkan semakin mudah dan luas persebarannya. Perilaku
pembelian seseorang dapat dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap yang dimiliki
oleh orang tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan
pengetahuan dan sikap dengan perilaku generasi milenial terkait pembelian
produk kosmetik bersertifikasi BPOM secara online.
Jenis penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Pengambilan
sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah
sampel didapatkan yaitu sebanyak 132 responden dengan kriteria minimal berusia
17 tahun dan pernah melakukan pembelian produk kosmetik secara online.
Pengambilan sampel menggunakan kuesioner online yang telah diuji validitas dan
reliabilitas.
Hasil menunjukkkan bahwa generasi milenial memiliki tingkat
pengetahuan yang cukup (87,2%), sikap terkait pembelian produk kosmetik
menunjukkan sikap yang positif (95%), dan perilaku terkait pembelian produk
kosmetik pada kategori baik (95%). Hasil analisis korelasi menggunakan rank
spearman didapatkan bahwa terhadap hubungan antara pengetahuan, sikap, dan
perilaku dengan nilai sig. yang dihasilkan < 0,05. Hubungan antara pengetahuan
dengan sikap adalah hubungan yang cukup dengan r value (0,282), hubungan
antara pengetahuan dengan perilaku adalah hubungan yang cukup dengan r value
( 0,293), dan hubungan antara sikap dengan perilaku adalah hubungan yang cukup
dengan r value (0,467).
Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat hubungan hubungan antara
pengetahuan, sikap, dan perilaku generasi milenial terkait pembelian produk
kosmetik bersertifikasi BPOM secara online. Selanjutnya perlu dilakukan edukasi
terkait pentingnya sertifikasi BPOM pada produk kosmetik agar konsumen
generasi milenial lebih waspada dan cermat dalam memilih produk kosmetik yang
akan digunakan.
Kata kunci: pengetahuan, sikap, perilaku, kosmetik, generasi milenial, online
Dosen Pembimbing: | Sulistyaningrum, Indriyati Hadi and Timur, Willi Wahyu | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi Fakultas Farmasi > Mahasiswa FF - Skripsi Farmasi Fakultas Farmasi > Mahasiswa FF - Skripsi Farmasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 03:03 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |