Chamidah, Nia (2024) IMPLEMENTASI METODE QIRA’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI TPQ AL-HIKMAH SEMARANG). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502200034_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200034_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502200034_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200034_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (144kB)

Abstract

Metode pengajaran yang efektif sangat penting untuk memastikan proses belajar
ini berjalan dengan baik. Salah satu metode yang terbukti efektif adalah metode
Qira’ati, yang dikembangkan untuk mempermudah pembelajaran membaca Al-
Qur’an dengan memperhatikan kaidah tajwid. Namun, penerapan metode ini dapat
lebih optimal apabila dilengkapi dengan pendekatan berbasis pemberdayaan
masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi metode
Qira’ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan AlQur’an
(TPQ)
Al-Hikmah
dengan
pendekatan
pemberdayaan
masyarakat.

Metode
Qira’ati merupakan salah satu metode sistematis dalam pembelajaran Al-Qur’an
yang mengutamakan pengajaran membaca secara berurutan dari tingkat dasar
hingga mahir. Pemberdayaan masyarakat, sebagai pendekatan yang melibatkan
peran aktif komunitas, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan
keberlanjutan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode studi kasus untuk menganalisis bagaimana metode
Qira’ati diterapkan di TPQ Al-Hikmah dan bagaimana pemberdayaan masyarakat
berkontribusi terhadap proses tersebut. Teknik pengumpulan data meliputi
observasi langsung, wawancara dengan pengurus dan pengajar TPQ, serta analisis
dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode
Qira’ati di TPQ Al-Hikmah berhasil meningkatkan kemampuan membaca Al-
Qur'an peserta didik secara signifikan. Pemberdayaan masyarakat berperan
penting dalam mendukung pembelajaran, melalui keterlibatan dalam penyediaan
fasilitas, dukungan moral, dan partisipasi dalam kegiatan pendidikan. Namun,
penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti keterbatasan
sumber daya dan perlunya peningkatan keterlibatan masyarakat. Kesimpulannya,
metode Qira’ati terbukti efektif dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dan
pemberdayaan masyarakat berkontribusi positif terhadap proses tersebut.
Penelitian ini menyarankan agar TPQ Al-Hikmah terus meningkatkan pelatihan
untuk pengajar, memperluas keterlibatan masyarakat, dan menyediakan lebih
banyak sumber daya untuk mendukung keberhasilan pembelajaran.
Kata Kunci : Implementasi, Metode Qira’ati, Pemberdayaan Masyarakat

Dosen Pembimbing: Muchtar, Asmaji and Irfan, Agus | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Dec 2024 03:27
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36714

Actions (login required)

View Item View Item