Faruq, Muhammad Umar (2024) STRATEGI MENARIK MINAT BELI PADA MEREK BARU: STUDI EMPIRIS PERAN PENGENALAN MEREK DAN KEAKRABAN MEREK DALAM PERSEPSI KUALITAS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402300121_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300121_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402300121_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300121_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (92kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi model konseptual tentang bagaimana
menarik minat beli pada merek baru dengan pengenalan dan keakraban merek, serta
peran mediasi faktor persepsi kualitas. Responden dalam penelitian ini adalah 267
orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria
seseorang yang pernah mengkonsumsi produk Mako Cake and Bakery di Kota
Semarang. Penelitian empiris ini merupakan explanatory quantitative reasearch
dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square
(PLS) dengan bantuan program SmartPLS 4 sebagai alat analisis data. Hasil penelitian
mengungkapkan variabel pengenalan merek, keakraban merek dan persepsi kualitas
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada merek baru. Sebagai merek
baru, pengenalan dan keakraban merek menjadi prasyarat dasar yang diperlukan untuk
menarik minat beli. Konsumen juga memiliki kecenderungan menggunakan persepsi
kualitas dalam membentuk minat beli pada merek baru. Dimana persepsi kualitas dapat
terbentuk dari pengenalan dan keakraban konsumen terhadap merek. Hal ini juga
terkait dengan perilaku konsumen pada minat beli merek baru. Konsumen bisa saja
membeli merek yang sudah lama dan terkenal, akan tetapi juga memiliki dorongan atau
keinginan untuk mengeksplorasi merek baru yang dipengaruhi oleh persepsi mereka
bahwa merek baru hadir dengan menawarkan kualitas yang lebih baik. Temuan
penelitian ini dapat memberikan implikasi manajerial bagi entitas merek baru yakni
dapat digunakan sebagai gambaran dalam menentukan strategi yang tepat untuk
memikat hati konsumen atau menarik minat beli dengan membangun pengenalan dan
keakraban merek, sehingga terbentuk persepsi yang baik terhadap merek.

Kata Kunci: Pengenalan Merek, Keakraban Merek, Persepsi Kualitas, Minat Beli
Merek Baru

Dosen Pembimbing: Mutamimah, Mutamimah | nidn0613106701
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:52
Last Modified: 02 Aug 2024 01:52
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35109

Actions (login required)

View Item View Item