SAMROJI, ODJIE (2024) PENINGKATAN PENERIMAAN SANTRI BARU BERBASIS DIGITAL MARKETING DAN INOVASI LAYANAN DENGAN ICT LITERACY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Study Empiris Pada Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS Yogyakarta). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300061_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300061_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1 Bagaimanakah pengaruh Digital
Marketing terhadap peningkatan penerimaan santri baru?; 2) Bagaimanakah
pengaruh Digital Marketing terhadap ICT Literacy?; 3) Bagaimanakah pengaruh
service innovation terhadap peningkatan penerimaan santri baru?; 4)Bagaimanakah
pengaruh service innovation terhadap ICT Literacy?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat ekspost-facto. Populasi
dalam penelitian ini adalah pimpinan pesantren, pengurus yayasan, guru, pengurus
pesantren, panitia penerimaan santri baru yang berjumlah 81 orang. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 81 orang dengan menggunakan teknik sampel jenuh.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu
dengan menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan meliputi
analisis deskriptif dan Analisis Data dengan Structural Equation Model (PLS).
Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh antara Digital Marketing terhadap
peningkatan penerimaan santri baru di MBS Yogyakarta, selain itu juga terdapat
pengaruh antara Digital Marketing terhadap ICT Literacy di MBS Yogyakarta.
Sedangkan untuk inovasi pelayanan juga terdapat pengaruh terhadap peningkatan
penerimaan santri baru. Selanjutnya terdapat pula pengaruh antara inovasi
pelayanan terhadap ICT Literacy. Dan ICT Literacy mampu memediasi pengaruh
Digital marketing terhadap Peningkatan Penerimaan Santri Baru.
Terdapat pengaruh antara Digital Marketing berbasis inovasi pelayanan terhadap
peningkatan penerimaan santri baru di MBS Yogyakarta yang di mediasi oleh ICT
Literacy.
Kata Kunci: Digital Marketing, ICT Literacy, inovasi pelayanan, peningkatan
penerimaan santri baru.
Dosen Pembimbing: | Nurcholis, Lutfi | nidn0623036901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 01:33 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 01:33 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |