RUSTYANINGSIH, RETNO DEWI (2024) PERAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN TRUST DAN KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DI PUSKESMAS MENDEN KABUPATEN BLORA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402300029_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300029_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402300029_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300029_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen di
Puskesmas Menden Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora melalui peningkatan
kepercayaan dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
eksplanatori asosiatif untuk mengetahui hubungan antara variabel-variabel tersebut.
Populasi penelitian adalah pasien Puskesmas Menden, dengan teknik pengambilan
sampel non-probability sampling melalui convenience sampling, melibatkan 150
responden. Data primer diperoleh dari kuesioner yang mengukur variabel kualitas
pelayanan, kepercayaan pasien, dan kepuasan pasien. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan kuesioner tertutup dengan skala interval 1-5, dari Sangat Tidak Setuju
(STS) hingga Sangat Setuju (SS). Analisis data menggunakan metode Partial Least
Square (PLS) versi 4.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan konsumen dapat
dicapai melalui peningkatan kepercayaan pasien dan kualitas pelayanan. Kesimpulan
penelitian ini mendukung bahwa: (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepercayaan pasien; (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan pasien; (3) kepercayaan pasien berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan pasien.

Kata Kunci : kualitas pelayanan; kepercayaan pasien; kepuasan pasien

Dosen Pembimbing: Mulyana, Mulyana | nidn0607056003
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:32
Last Modified: 31 Jul 2024 07:32
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35035

Actions (login required)

View Item View Item