Faizi, Muhammad Nur (2023) MODEL PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING, MARKETING CAPABILITY DAN MARKETING INNOVATION. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Manajemen_20402300004_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300004_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20402300004_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20402300004_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (148kB)

Abstract

Saat ini, Indonesia sedang berusaha mencapai pembangunan ekonomi nasional dan
pertumbuhan ekonomi sebagai bagian dari proses pembangunannya. Pendapatan
nasional adalah salah satu indikator utama untuk mengukur kemajuan dan
pertumbuhan ekonomi suatu negara. UMKM memiliki dampak yang signifikan,
baik secara langsung maupun tidak langsung, terhadap pertumbuhan ekonomi
regional, serta terhadap perekonomian secara keseluruhan di tingkat nasional. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pemasaran digital
dan kemampuan pemasaran terhadap kinerja pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah (UMKM) di Kabupaten Blora dengan inovasi pemasaran sebagai
variabel mediasi. Teknologi digital telah menjadi faktor penting dalam mengubah
lanskap bisnis, terutama bagi UMKM dalam upaya meningkatkan daya saing dan
pertumbuhannya. Melalui pendekatan kuantitatif, data akan dikumpulkan dari
pemilik atau manajer UMKM yang menggunakan teknologi digital dalam kegiatan
pemasaran mereka. Penelitian ini melibatkan pelaku UMKM di Kabupaten Blora
sebagai responden dengan total 103 UMKM. Teknik analisis data untuk penelitian
ini menggunakan Partial Least Square (PLS) sebagai metode alternatif untuk
Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menjelaskan hubungan
antara pemasaran digital terhadap kinerja pemasaran, kemampuan pemasaran
terhadap kinerja pemasaran dan inovasi pemasaran serta juga inovasi pemasaran
terhadap kinerja pemasaran yang memiliki pengaruh signifikan, kecuali untuk
hubungan antara pemasaran digital dan kinerja pemasaran.
Kata kunci: Digital Marketing, Marketing Capability, Marketing Performance,
UMKM, Marketing Innovation

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:27
Last Modified: 31 Jul 2024 07:27
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35025

Actions (login required)

View Item View Item