Najati, Fia Agustina (2024) ANALISIS KOMPARATIF PERATURAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE DI INDONESIA, SINGAPURA, DAN MALAYSIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Hukum_30302000140_fullpdf.pdf]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000140_fullpdf.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Hukum_30302000140_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Hukum_30302000140_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (210kB)

Abstract

Perlindungan konsumen khususnya dalam hal transaksi e-commerce
merupakan hal krusial yang perlu diperhatikan, mulai dari regulasi, kelembagaan,
hingga penerapannya. Tak dapat dipungkiri, perlindungan konsumen di Indonesia
kurang menjadi prioritas pemerintah. Terlihat dengan regulasi nya yang sudah
lawas, kewenangan kelembagaan yang tumpeng tindih, hingga penerapan dalam
penegakan hukum yang kurang efektif. Oleh karena itu, diperlukan adanya
pembaharuan dengan melakukan analisis komparatif antar negara, misalnya
dengan Singapura dan Malaysia.
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian yuridis
normatif-komparatif dengan pendekatan komparatif makro (macrocomparative
approach). Adapun spesifikasi penelitian yang digunakan penulis adalah
deskriptif analitis dan sumber data melalui literatur review dengan cara primer,
sekunder, dan tersier. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan
teknik library search.
Berdasarkan penelitian analisis komparatif peraturan perlindungan
konsumen dalam transaksi e-commerce di Indonesia, Singapura, dan Malaysia,
didapatkan hasil bahwasanya setiap peraturan pada masing-masing negara
memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dalam regulasi maupun penerapannya.
Di Indonesia sendiri, regulasi dan penerapannya masih banyak permasalahan dan
perlu adanya pembaharuan khususnya dalam transaksi e-commerce (online).
Dengan adanya pembaharuan regulasi transaksi e-commerce, perlindungan
konsumen dalam transaksi e-commerce akan berjalan efektif. Sehingga, mencegah
dan mengurangi hal-hal yang merugikan konsumen dan pelaku usaha.

Kata Kunci: Analisis Komparatif, Peraturan Perlindungan Konsumen,
Transaksi E-commerce, Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

Dosen Pembimbing: Mashdurohatun, Anis | nidn0621057002
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Mahasiswa FH - Skripsi Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 May 2024 07:23
Last Modified: 13 May 2024 07:23
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33707

Actions (login required)

View Item View Item