FAHADRA, LINGGA (2023) SISTEM CHATBOT LAYANAN INFORMASI TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN METODE LONG SHORT-TERM MEMORY (LSTM). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[thumbnail of Teknik Informatika_32601900014_fullpdf.pdf] Text
Teknik Informatika_32601900014_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Teknik Informatika_32601900014_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Teknik Informatika_32601900014_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (50kB)

Abstract

Teknologi berkembang pesat, termasuk kecerdasan buatan seperti chatbot. Chatbot
memiliki manfaat mengurangi biaya dan memberikan akses instan 24/7. Meski
demikian, Program Studi Teknik Informatika masih menjalankan kegiatan secara
konvensional, khususnya dalam hal informasi Tugas Akhir. Pada dasarnya Program
Studi Teknik Informatika sudah memiliki buku panduan Tugas Akhir, namun jika
ingin mencari informasi harus membutuhkan waktu yang sangat lama untuk
membacanya. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan menerapkan algoritma Long
Short-Term Memory (LSTM) pada chatbot informasi tugas akhir perguruan tinggi.
Tahapannya: pengumpulan dan eksplorasi data, persiapan data, pembangunan dan
pelatihan model LSTM, serta pengujian dengan confusion matrix. Hasil pengujian
menunjukkan accuracy 94,41%, precision 95,63%, dan recall 94,41%. Ini
menandakan model LSTM efektif merespons pertanyaan tugas akhir. Hasil ini
mendukung penggunaan chatbot LSTM sebagai layanan informasi di perguruan
tinggi, membantu mahasiswa mengakses informasi tugas akhir lebih mudah dan
efisien.
Kata Kunci: Chatbot, Long Short-Term Memory, LSTM, Deep Learning

Dosen Pembimbing: BADIEAH, BADIEAH and IBNU S., IMAM MUCH | nidn0619018701, nidn0613037301
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Mahasiswa FTI - Skripsi Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:20
Last Modified: 19 Oct 2023 07:20
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32030

Actions (login required)

View Item View Item