ROHMAH, SITI NUR (2023) IMPLEMENTASI METODE QIRA’ATI DENGAN TEKNIK M3 (MANGAP, MERINGIS, MECUCU) DI PONDOK PESANTREN ZHILALUL QUR’AN KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502100023_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100023_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502100023_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100023_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (116kB)

Abstract

Dalam pembelajaran Al-Qur‟an, sering kita jumpai banyak yang masih
kurang tepat ketika pelafalan. Tamamul H{arakat atau sering disebut dengan
penyempurnaan harakat merupakan salah satu solusi untuk memudahkan untuk
pelafalan harakat. Dan salah satu metode yang menerapkan teknik tamamul
h{arakat ini bisa kita jumpai di metode Qira‟ati. Namun dikalangan Qira‟ati sering
juga disebut dengan M3 (Mangap, Meringis, Mecucu).
Pembelajaran Al-Qur‟an sangat penting di era sekarang, melihat kondisi di
era jaman sekarang yang semakin carut marut, karena lebih mementingkan hal-hal
dunia dibandingkan hal-hal yang berkaitan dengan akhirat. Dalam mengajarkan
Al-Qur‟an harus menggunakan metode yang pas dan tepat untuk diterapkan ke
anak-anak. Contohnya menggunakan metode Qira‟ati. Metode Qira‟ti ini
merupakan metode praktik untuk pembelajaran Al-Qur‟an, sehingga mudah
diterima oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Apalagi di metode Qira‟ati ini
menggunakan teknik M3 (Mangap, Meringis, Mecucu). Teknik M3 ini merupakan
teknik untuk menyempurnakan harakat, sehingga harakat yang dilafalkan menjadi
jelas dingerkannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan metode
Qira‟ati dengan teknik M3 (Mangap, Meringis, Mecucu) di Pondok Pesantren
Zhilalul Qur‟an di kabupaten Jepara, mengetahui faktor pendukung dan
penghambat penerapan metode Qira‟ati dengan teknik M3 (Mangap, Meringis,
Mecucu) di Pondok Pesantren Zhilalul Qur‟an
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
yang menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi,
observasi, wawancara.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Dalam pelaksanaan
metode Qira‟ati dengan teknik M3 menggunakan beberapa metode diantaranya,
ngeloh, individual, istimra>r, dan tikra>r. 2) Faktor pendukung dari penerapan
metode Qira‟ati dengan teknik M3 ini adalah kriteria guru yang harus memiliki
syahadah Qira‟ati, faktor dari santri tersebut yang sudah memnuhi prinsip-prinsip
dari Qira‟ati, faktor dari orang tua, dan faktor dari sarana dan prasarana yang
mendukung proses pembelajaran. Faktor penghambatnya yaitu keterbatasan akan
adanya ruang, sehingga pembelajaran kurang kondusif serta belum bisa konsisten
dalam membuka mulut ketika membaca Al-Qur‟an.
Kata Kunci : Implementasi, Teknik M3 (Mangap, Meringis, Mecucu),
Metode Qira’ati

Dosen Pembimbing: Choeroni, Choeroni and Sudarto, Sudarto | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:27
Last Modified: 11 Oct 2023 06:27
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31495

Actions (login required)

View Item View Item