Ardiansah, Dimas Nuri (2023) KHIDMAT KH MAIMOEN ZUBAIR SEBAGAI TOLOK UKUR KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502100008_fullpdf.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100008_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Pendidikan Agama Islam_21502100008_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100008_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (52kB)

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pendidikan, terutama dalam
proses belajar-mengajar. Guru berperan sebagai penyampai informasi, fasilitator, penggerak,
pembimbing, penilai, motivator, dan teladan bagi siswa. Guru bertanggung jawab dalam
membentuk dan mengembangkan potensi siswa dari segi akademik, sosial, emosional, dan
keterampilan hidup. maka guru harus memiliki kompetensi yang baik dalam bidang
pengetahuan, pengajaran, evaluasi, dan manajemen kelas. Guru Pendidikan Agama Islam
memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam menyampaikan pengajaran dan pemahaman
agama Islam kepada siswa. sehingga harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang
mendalam tentang agama Islam, serta keterampilan pengajaran yang efektif dan relevan dengan
kebutuhan siswa
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dan mengetahui 1) Mengetahui apa saja Ragam
Khidmat KH Maimoen Zubair Sebagai Tolok Ukur Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
2) Mengetahui relevansi kekhidmatan KH Maimoen Zubair Sebagai Tolok Ukur Kompetensi
Guru Pendidikan Agama Islam. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode
kualitatif deskriptif. Penggalian data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian bahwa 1) Ragam Khidmat KH Maimoen Zubair Sebagai Tolok Ukur
Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam meliputi tiga hal yaitu a) Khidmat KH Maimoen
Zubair Kepada Ilmu dan Sebagai Pendidik. b) Khidmat KH Maimoen Zubair Sebagai Tokoh
Masyarakat. c) Khidmat KH Maimoen Zubair Sebagai Tokoh Bangsa. Adapun Hasil yang ke
2) relevansi kekhidmatan KH Maimoen Zubair Sebagai Tolok Ukur Kompetensi Guru
Pendidikan Agama Islam. Meliputi beberapa hal yaitu: a) KH Maimoen Zubair memiliki
kompetensi yang tinggi dibidang ilmu pendidikan agama Islam. b) Kompetensi guru pendidikan
agama Islam yang merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus
dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. c)
Korelasi antara khidmat KH Maimoen Zubair dan kompetensi guru pendidikan agama Islam
bahwa khidmat KH Maimoen Zubair dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi guru
pendidikan agama Islam guna meningkatkan kompetensi mereka dalam berbagai aspek.
Khidmat KH Maimoen Zubair dapat menjadi stimulan bagi guru pendidikan agama Islam untuk
semangat dalam mengabdikan diri kepada ilmu, Allah SWT, dan makhluk. Khidmat KH
Maimoen Zubair dapat menjadi tantangan dan peluang bagi guru pendidikan agama Islam untuk
meneladani dan mencontoh sikap dan perilaku beliau sebagai seorang ulama sekaligus tokoh
bangsa yang berwawasan luas. d) Kompilasi khidmat KH Maimoen Zubair dapat menjadi tolok
ukur kompetensi guru PAI karena beliau menunjukkan contoh nyata dari kompetensi yang
harus dimiliki oleh setiap guru. Beliau menunjukkan contoh nyata dari kontribusi yang dapat
diberikan oleh setiap guru bagi kemajuan ilmu, agama, bangsa, dan umat.
Kata kunci: Khidmat KH Maimoen Zubair, Kompetensi Guru PAI.

Dosen Pembimbing: Irfan, Agus and Warsiyah, Warsiyah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:11
Last Modified: 11 Oct 2023 06:11
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31481

Actions (login required)

View Item View Item