SHOFIYULLAH, SHOFIYULLAH (2023) STRATEGI MERAIH KEUNGGULAN KOMPETITIF BERKELANJUTAN PASCA PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE ANALISIS SWOT. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[thumbnail of Magister Manajemen_20401900026_fullpdf.pdf] Text
Magister Manajemen_20401900026_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Manajemen_20401900026_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Manajemen_20401900026_pernyataan_publikasi.pdf

| Download (354kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 melanda dunia, hampir seluruh industri terkena dampaknya,
tak terkecuali industri kesehatan, khususnya rumah sakit. Di sisi lain, industri rumah
sakit harus menghadapi berbagai tantangan untuk tetap dapat memberikan pelayanan
kesehatan, baik pada penderita Covid-19 maupun pasien umum. Pasca pandemi seperti
saat ini kunjungan pasien rawat inap dan rawat jalan belum menunjukkan adanya
kenaikan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dapat
diterapkan oleh Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dalam miningkatkan
jumlah kunjungan pasien rawat jalan dan rawat inap guna meraih keunggulan kompetitif
berkelanjutan pasca pandemi Covid-19.
Untuk mengetahui strategi yang tepat dalam meningkatkan jumlah kunjungan
rawat inap dan rawat jalan guna meraih keunggulan kompetitif berkelanjutan pasca
pandemi Covid-19 penulis menggunakan metode analisis SWOT.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan matrik internal-eksternal (IE
matrix) posisi Rumah Sakit Islam Sultan Agung berada disegmen grow and build,
apabila berdasarkan matrik kuadran SWOT Rumah Sakit Islam Sultan Agung berada
pada posisi kuadran 1 dengan strategi agresif, sedangkan berdasarkan matrik grand
strategy ada 9 (sembilan) strategi yang dapat diterapkan oleh Rumah Sakit Islam Sultan
Agung Semarang dengan 3 (tiga) strategi yang memiliki skor tertinggi yaitu strategi ke
2 “Integrasi kebelakang (backward integration) yaitu dengan mendirikan dan atau
mengakuisisi rumah sakit tipe D/C sebagai rumah sakit perujuk” dengan skor 5.825359.
Strategi ke 9 “Pengembangan produk (product developent), dalam rangka meningkatkan
keunggulan produk pelayanan baik yang sudah ada ataupun yang sedang
dikembangakan diantaranya penguatan Layanan unggulan melalui penambahan variasi
kemampuan layanan unggulan” dengan skor 5.552632. Dan strategi ke 6
“Pengembangan pasar (market development) dengan melakukan penguatan pelayanan
islami sebagai diferensiasi” dengan skor 5.447368.

Kata Kunci : Strategi, keunggulan kompetitif berkelanjutan, analisis SWOT

Dosen Pembimbing: Sulistyo, Heru | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:31
Last Modified: 12 Oct 2023 06:31
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31135

Actions (login required)

View Item View Item