AMINAH, AMINAH (2003) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS BARANG TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PADA PERUSAHAAN JENANG SINAR 33 KUDUS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of 04996664-FE.pdf] Text
04996664-FE.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (14MB)

Abstract

Persaingan yang semakin ketat dirnana semakin banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi pada kepuasan pelanggan sebagai
tujuan utama. Hal ini tercermin clari semakin banyakrya perusahaan yang menyertakan komitmennya terhadap kepuasan pelanggan dalam pernyataan misinya, iklan maupun publikc relation release. Dewasa ini semakin diyakini bahwa kunci utama untuk memenangkan produk clan jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Apabila konsumen membeli suatu barang dengan harga yang mahal dan mempunyai kualitas yang jelek, konsumen akan merasa kecewa clan tidak puas. Karena merasa tidak puas konsumen akan enggan untuk melakukan
pembelian lagi. Mengingat pcntingnya harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dalam melakukan pembelian, maka dilakukan suatu penelitian dengan judul
: Pengaruh Harga dan Kualitas Barang terhadap Kepuasan Pelanggan dalam melakukan Pembelian pada Perusahaan Jenang Sinar 33 Kudus"Perurnusan masalah yang dikernukakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
I) Bagaimana pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan
dalam melakukan pembelian pada perusahaan Jenang Sinar 33 Kudus,
2)Bagaimana pengaruh kualitas barang terhadap kepuasan pelanggan dalam melakukan pembelian pada perusahaan Jenang Sinar 33 Kudus,
3) Bagaimana pengaruh harga dan kualitas barang terhadap kepuasan pelanggan dalam melakukan pembelian pada perusahaan Jenang Sinar 33 Kudus.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
l) Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan dalam melakukan pembelian pada perusahaan Jenang Sinar 33 Kudus,
2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas barang terhadap kepuasan pelanggan dalam melakukan pembelian pada perusahaan Jenang Sinar 33 Kudus,
3) Untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas barang terhaclap kepuasan pelanggan dalam melakukan pembelian pada perusahaan Jenang Sinar 33 Kudus.
Besarnya sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang bertempat tinggal di Kudus dan yang pernah melakukan pembelian di perusahaan Jenang Sinar 33 Kudus. Hipotesis yang dirumuskan aclalah :
Ho: Tidak ada pengaruh yang signifikan antara harga, kualitas barang terhadap kepuasan pelanggan dalam melakukan pembelian pada perusahaan Jenang Sinar 33 Kudus
Ha : Ada pengaruh yang signifikan antara harga, kualitas barang terhadap kepuasan pelanggan dalam rnelakukan pembelian pacla perusahaan Jenang Sinar 33 Kudus
Alat analisa yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang diperoleh hasil sebagai berikut :
Y =7,694-0,417 X, + 0,506 X
Sedangkan untuk pengujian hipotesis digunakan uji t dan uji F
1. Uji t
Dari hasil perhitungan uji t diperoleh sebagai berikut:
- Variabel harga (X) diperoleh nilai t hitung sebesar 5,562 dengan taraf
signifikansi 5%, sehingga df = 100-2-1= 97 maka diperoleh t tabel (­
1,661) yang berarti -t hi tung (-5,562) < -t tabel (-1,661 ), berarti
kesimpulannya rnenolak Ho dan menerima Ha
- Variabel kualitas barang (X) diperoleh nilai t hitung sebesar 6,614 dengan
taraf signifikansi 5%, sehingga df = 100-2-1= 97 rnaka diperoleh t tabel
(1,661) yang berarti t hi tung (6,614) > t tabel (1,661), berarti
kesimpulannya menolak Ho dan menerima Ha
2. Uji F
.
Dari hasil perhitungan uji F diperoleh F hitung sebesar 53,097 dengan tingkat
signifikan 5% sehingga df = 100-2-1 = 97 diperoleh F tabel (3,09) yang
berarti F hitung 53,097 > F tabel (3,09) berarti kesimpulannya menolak Ho
dan menerima Ha

Dosen Pembimbing: Sudarti, Ken | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:25
Last Modified: 19 Jun 2023 02:25
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29120

Actions (login required)

View Item View Item