Fahmi, Ismail (2022) ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN SARIREJO 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900042_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900042_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis Dampak lingkungan sekolah terhadap
prestasi belajar kognitif siswa pada muatan IPS siswa kelas V SDN Sarirejo 2.
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kondisi lingkungan sekolah di SDN Sarirejo
2 dan untuk mengkaji prestasi belajar kognitif siswa pada muatan IPS di SDN
Sarirejo 2. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek pada penelitian
ini adalah Guru kelas V SDN Sarirejo 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yakni Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Tahapan analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kondisi lingkungan sekolah di SDN
Sarirejo 2 sudah cukup baik tetapi dalam segi fasilitas berupa perpustakaan sekolah
dan kedisiplinan siswa pada saat pembelajaran harus dibenahi kembali (2) Dampak
lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada muatan IPS siswa
kelas V SDN Sarirejo 2, yaitu lingkungan sekolah berdampak positif terhadap
prestasi belajar kognitif siswa.
Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Kognitif, IPS.
Dosen Pembimbing: | Sari, Yunita and Ismiyanti, Yulina | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 May 2023 06:55 |
Last Modified: | 29 May 2023 06:55 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |