Latipah, Khoirul (2022) KOMPARASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANTARA SISWA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SD DAN MI KELAS VII SMPN 1 KEBONAGUNG DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of 31501800047_fullpdf.pdf] Text
31501800047_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa antara siswa latar belakang pendidikan SD dan MI kelas VII SMPN 1 Kebonagung Tahun Ajaran 2021/2022. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Untuk pengumpulan datanya metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis data, analisis kualitatif, analisis statistik deskriptif, dan analisis uji independent sample t test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, latar belakang pendidikan yang ditempuh oleh siswa SMPN 1 Kebonagung berbeda beda dan memiliki dampak terhadap perolehan hasil belajar. Hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SD memiliki perbedaan dimana 35% pada kategori rendah, 59% pada kategori sedang, dan 6% pada kategori tinggi. Untuk siswa MI 59% pada kategori sedang, dan 41% pada kategori tinggi. Ada perbedaan hasil belajar pendidikan agama Islam (PAI) yang signifikan antara siswa latar belakang pendidikan SD dan MI siswa kelas VII SMPN 1 Kebonagung Demak, dengan dibuktikan dengan Uji Independent Sample T Test menunjukkan taraf 0,000< 0,05.
Kata kunci: Latar Belakang Pendidikan, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Dosen Pembimbing: Moh. Farhan, Moh. Farhan | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:27
Last Modified: 24 Jan 2023 04:27
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27370

Actions (login required)

View Item View Item