Hartini, Hartini (2014) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK (STUDI KUALITATIF PADA SMK-PPN WAWOTOBI) SULAWESI TENGGARA. Masters thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (33kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

| Preview Download (105kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (96kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi
pemasaran terhadap jumlah peserta didik di SMK-PPN Wawotobi. Jenis
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang didefinisikan sebagai
penelitian yang bertujuan untuk mempelajari secara holistik fenomena yang
dialami oleh subjek penelitian, seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan
sebagainya. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menggambarkan secara detail
semua apa yang terjadi dalam proses kegiatan strategi pemasaran berkaitan
dengan minat siswa untuk masuk ke SMK-PP Negeri Wawotobi. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 24 responden yaitu kepala sekolah, guru,
siswa dan masyarakat yang mempunyai anak kelas 3 SMP. Data yang dikumpulan
terdiri dari data primer yang diperoleh dari proses observasi dan wawancara
secara mendalam terhadap narasumber yang dijadikan sebagai informan dan data
sekunder diperoleh dari institut terkait yang mendukung penelitian ini. Teknik
analisis data yang dipakai adalah menggunakan metode naturalistik yang disebut
model analisis angiif, model wawancara analisis melibatkan pengumpulan data,
mengurangi penyajian data dan juga menarik kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dijalankan di SMK-PP Negeri
Wawotobi sudah memenuhi syarat 7P namun efektifitas dari program yang telah
dijalankan tersebut masih sangat kurang dari target untuk peningkatan minat para
siswa. Dari hasil penelitian pula diketahui bahwa akibat dari menurunnya jumlah
peserta didik disebabkan oleh kurangnya promosi dan sarana prasarana yang
kurang dipelihara sehingga masyarakat kurang berminat untuk menyekolahkan
anaknya ke sekolah ini. Implikasi kebijakan yang perlu dilakukan adalah dengan
cara membangkitkan emosional masyarakat bahwa sektor pertanian sangat
penting untuk dikaji lebih dalam dengan aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan
sosialiasi pertanian, pendampingan secara teknis maupun non teknis pada para
petani yang ada didaer �� � � n Konawe dan aktif dalam memberikan
terobosan-terobosan terbaru mengenai teknologi pertanian. Pihak sekolah perlu
melakukan kegiatan-kegiatan yang berbasis masyarakat dengan artian bahwa para
guru maupun siswa perlu terjun secara langsung dan melakukan kegiatan-kegiatan
sosial yang dapat menyentuh dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi
para petani secara langsung sebagai salah satu media promosi yang lebih efektif.

Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Analisis Pasar, Bauran Pemasaran

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2016 04:32
Last Modified: 15 Jan 2016 04:32
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2399

Actions (login required)

View Item View Item