KOPER, DAVID (2001) ANALISIS HUBUNGAN ATRIBUT PRODUK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN CAT PRODUKSI PT. DANAPAINTS DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
04976155S_fulltext.pdf |
Abstract
Salah satu diantara sarana penunjang dari berbagai komponen pembangunan
adalah komponen cat. Dimana cat sebagai barang konsumsi untuk memperindah,
mempertahankan kondisi bangunan, perawatan mesin-mesin dan kebutuhan lain
yang semakin luas dari cat.
Saat ini
di Indonesia khususnya di kota-kota besar dapat dilihat gedung
gedung menjulang tinggi yang dicat dengan warna-warna yang sangat indah.
Demikian juga dengan mobil-mobil, perkapalan dan industri akan mempunyai daya
tahan lebih lama dengan dilapisi oleh cat yang bermutu baik disamping dengan
warna yang indah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah a Apakah faktor-faktor atribut
produk yang berupa kemasan, warna, kualitas, dan ketersediaan berhubungan
dengan keputusan pembelian cat pada PT. Danapaints Semarang.
Sedangkan teori yang melandasi penelitian ini meliputi, pengertian tentang
atribut produk menurut Djasmin Saladin (1984: 21) mengemukakan atribut produk
adalah suatu komponen yang merupakan sifat-sifat produk yang menjamin agar
produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan clan keinginan yang diharapkan
konsumen.
Sedangkan pengertian atribut produk oleh Philip Kotler (1990 : 07) adalah
sesuatu yang dijadikan perhatian oleh konsumen sebagai karakteristik dari produk
yang ditawarkan.
Pengertian perilaku konsumen yang dikemukakan oleh Dhannmesta dan
Handoko (1997 : 10) mengatakan bahwa : "Perilaku konsumen adalah kegiatan
kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam
mendapatkan clan
mempergunakan barang-barang
dan
jasa-jasa, termasuk di dalamnya proses
pengambilan keputusan pada persiapan
dan
penentuan kegiatan-kegiatan tersebut".
Loudon and Bitta (1993: 6) mengatakan bahwa : "Consumer behavior may
be defined as decision process and physical activity individuals, engange in when
evaluating, acquiring, using or disposing of goods and service" (Perilaku konsumen
adalah proses pengambilan keputusan dan kegiatan individu secara fisik
yang
dilibatkan dalam mengevaluasi, memperoleh, menggunakan atau mendapatkan
barang dan
jasa).
Mangkunegara (1987: 3) mengatakan bahwa : "Perilaku konsumen adalah
tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang
berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan,
menggunakan barang-barang atau jasa ekonomis yang dipengaruhi lingkungan".
Adapun penelitian ini dilakukan di PT. Danapaints Semarang dan toko-toko
cat di Jawa
T
engah, sedangkan populasi yang akan penulis ambil adalah
keseluruhan konsumen cat produksi PT. Danapaints. Dengan mempertimbangkan
beberapa hal maka jumlah sampel ditentukan 100 orang.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif
clan
analisa kuantitatif. Analisa kualitatif merupakan analisa yang memberikan
keterangan-keterangan dan penjelasan-penjelasan. Sedangkan analisa kuantitaif
dalam penelitian ini
menggunakan analisa chi square.
Setelah dilakukan analisis data diperoleh basil sebagai berikut :
a. Atribut kemasan mempunyai hubungan yang bermakna atau signifikan dengan
keputusan pembelian pada taraf ( = 0,001, dan
dengan koefisien korelasi sebesar
0,7981 menunjukkan derajat keeratan hubungan yang kuat, hal ini
sesuai
dengan basil kuesinoer responden dari 100 orang responden 82 orang membeli
cat Danapaints dan 40 % responden menyatakan bahwa kemasan cat Danapaints
adalah bagus.
b. Atribut warna mempunyai hubungan yang bermakna atau signifikan dengan
keputusan pembelian pada taraf ( = 0,009, dan dengan koefisien korelasi sebesar
0,8056 menunjukkan derajat keeratan hubungan yang sangat kuat, hal ini
sesuai
dengan basil kuesinoer responden dari 100 orang responden 82 orang membeli cat Danapaints dan 40 %
responden menyatakan bahwa warna cat Danapaints
adalah bagus.
c. Atribut kualitas mempunyai hubungan yang bennakna atau signifikan dengan
keputusan pembelian pada taraf (=0, 004, dan dengan koefisien korelasi sebesar
0, 7564 menunjukkan derajat keeratan hubungan yang kuat, hal ini sesuai
dengan basil kuesinoer responden dari 100 orang responden 82 orang membeli
cat Danapaints dan 55 %
responden menyatakan bahwa kualitas cat Danapaints
adalah baik.
d. Atribut jaminan ketersediaan cat Danapaints mempunyai hubungan yang
bermakna atau signifikan dengan keputusan pembelian pada taraf ( == 0, 004, dan
dengan koefisien korelasi sebesar 0,75768 menunjukkan derajat keeratan
hubungan yang kuat, hal ini sesuai dengan basil kuesinoer responden clari 100
orang responden 82 orang membeli cat Danapaints dan 43 %
responden
menyatakan bahwa jaminan ketersediaan cat Danapaints adalah memuaskan.
Dosen Pembimbing: | Cahyono, Budi | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Mahasiswa FEB - Skripsi Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 06:00 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 06:00 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |